Advertisement

Perbatasan Gunungkidul Longsor, Rumah Warga di Klaten Ikut Terancam

David Kurniawan
Rabu, 15 Februari 2023 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
Perbatasan Gunungkidul Longsor, Rumah Warga di Klaten Ikut Terancam Kondisi longsor di Kalurahan Serut, Gedangsari yang merusak kandang ternak milik warga Gantiwarno, Klaten pada Rabu (15/2/2023) - Ist/BPBD Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Talut setinggi delapan meter di Dusun Klengkong, Serut, Gedangsari longsor, Rabu (15/2/2023) sekitar pukul 01.45 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun material longsoran mengancam rumah warga di Kalurahan Gantiwarno, Klaten, Jawa Tengah.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Gunungkidul, Sumadi mengatakan, cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir memberikan dampak signifikan terhadap peristiwa bencana alam. Meski tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun peristiwa yang terjadi butuh penanganan agar tidak mengganggu aktivitas warga.

Advertisement

Dia menjelaskan, pada Rabu dini hari terjadi longsor di wilayah perbatasan Gunungkidul dengan Klaten, tepatnya di Dusun Klengkong, Serut, Gedangsari. Talut setinggi delapan meter dan panjang  38 meter ambrol.

BACA JUGA: Cuaca Buruk, Ini Sebaran Bencana Longsor dan Pohon Tumbang di Sleman

Material longsoran mengenai dua rumah warga di Dusun Bometen, Gantiwarno, Klaten. “Pas berada di perbatasan. Talut yang ambrol di wilayah Gunungkidul, tapi material longsoran mengenai rumah warga Klaten,” kata Sumadi kepada wartawan, Rabu sore.

Dia menjelaskan, total ada dua rumah yang terkena dampaknya. Meski demikian, kedua rumah masih dalam kondisi baik.

“Yang rusak hanya kandang. Satu ambruk dan satunya lagi temboknya jebol,” ungkapnya.

Sumadi memperkirakan akibat longsor ini kerugian ditaksir mencapai  Rp100 juta. Hasil asesmen lapangan, talut ambrol butuh perbaikan yang mendesak.

“Ya kalau tidak diperbaiki dan hujan terus mengguyur berpotensi terjadi longsor susulan dan mengancam warga lainnya,” katanya.

Kapolsek Gedangsari, AKP Suryanto menambahkan, sudah melakukan pengecekan lokasi di perbatasan dengan Klaten bersama-sama dengan tim dari DPUPRKP Gunungkidul. ia memastikan dalam peritiwa ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

“Saya langsung mengecek ke lokasi dan lokasinya memang berada pas di perbatasan,” katanya.

Dia mengungkapkan, untuk pengamanan di sekitar lokasi juga sudah dipasang garis polisi agar warga tidak mendekat ke lokasi longsor. “Kami imbau agar masyarakat tidak mendekati lokasi yang telah terpasang garis polisi,” katanya. (David Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement