Advertisement

Sadeng Bakal Terhubung dengan JJLS, DKP Gunungkidul: Perlu Kajian Mendalam

David Kurniawan
Kamis, 16 Februari 2023 - 15:07 WIB
Arief Junianto
Sadeng Bakal Terhubung dengan JJLS, DKP Gunungkidul: Perlu Kajian Mendalam Ilustrasi aktivitas nelayan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Sadeng, Kecamatan Girisubo, belum lama ini. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Wacana membuat jalur penghubung antara Pelabuhan Sadeng dengan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) disambut baik oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul.

Diharapkan sebelum program dijalankan disertai dengan kajian yang mendalam karena di sekitar pelabuhan ada bentang karst yang masuk kawasan lindung.

Advertisement

Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidu, Wahid Supriyadi mengaku belum tahu wacana menyambungkan JJLS dengan Pelabuhan Sadeng. Meski demikian, dia mendukung penuh wacana ini untuk mengoptimalkan hasil laut di kawasan tersebut.

Dia menjelaskan, Pelabuhan Sadeng merupakan sentra penghasil ikan utama di Gunungkidul. Sebagai gambaran di 2022 lalu, hasil tangkapan laut mencapai 3.941 ton.

BACA JUGA: Pemkab Gunungkidul Wacanakan JJLS Nyambung ke Pelabuhan Sadeng

Jumlah paling banyak disumbangkan hasil tangkapan dari Sadeng yang telah memiliki fasilitas lengkap. Total dalam setahun di Pelabuhan Sadeng mampu menangkap ikan sebanyak 3.318 ton. “Makanya kami mendukung adanya rencana menyambungkan pelabuhan dengan JJLS agar aksesnya bisa lebih mudah,” katanya.

Menurut dia, dengan akses yang lebih mudah maka upaya pengembangan di Pelabuhan Sadeng bisa lebih maksimal. Meski demikian, Wahid mengatakan, sebelum dilaksanakan harus disertai dengan kajian yang mendalam.

Kajian diperlukan menyangkut bentang alam karts yang masuk kawasan lindung sehingga peruntukannya tidak bisa diubah dengan sembarangan. “Di sana ada bentang karts dan juga lembah sungai Bengawan Solo purba,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Bappeda Gunungkidul berencana membuat program menyambungkan Pelabuhan Sadeng dengan JJLS.

Kepala Bidang Perencanaan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Agus Sugiarto mengatakan, untuk realisasi program ini, pemkab terus berkoordinasi dengan Pemerintah DIY karena kewenangan pengelolaan Pelabuhan Sadeng berada di provinsi.

Agus mengungkapkan, pembahasan masih dalam perencaan awal sehingga prosesnya masih membutuhkan waktu yang tidak sebentar. “Tujuan membuka akses yang nyambung antara JJLS dengan Pelabuhan Sadeng untuk mengoptimalkan potensi perikanan di kawasan tersebut,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kenaikan Harga Beras, Istana Tuding Ada Masalah Distribusi dan Tata Kelola Beras di Toko Ritel

News
| Jum'at, 01 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement