Advertisement

Ini Jalur Tol Jogja Solo yang Akan Dibuka Fungsional di Mudik Lebaran Tahun Ini

Anisatul Umah
Sabtu, 18 Februari 2023 - 16:22 WIB
Budi Cahyana
Ini Jalur Tol Jogja Solo yang Akan Dibuka Fungsional di Mudik Lebaran Tahun Ini Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). Tol Jogja Solo ruas Kartasura-Ceper Klaten akan dibuka fungsional untuk mudik Lebaran tahun ini. - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebagian ruas Tol Jogja Solo akan dibuka fungsional untuk mudik Lebaran tahun ini. Jalur yang dibuka untuk mudik akan digratiskan.

Jalur Tol Jogja Solo yang dibuka fungsional adalah ruas Kartasura sampai dengan Klaten.

Advertisement

General Manager Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Muhammad Amin, menjelaskan kemungkinan pembukaan sebagian ruas Tol Jogja Solo secara fungsional masih menunggu keputusan Pemerintah Pusat. Sejumlah faktor akan dipertimbangkan, termasuk kemungkinan kemacetan di wilayah Klaten.

Proses pengerjaan Tol Jogja Solo akan terus dikebut. Kendala yang dihadapi saat ini adalah hujan.

"Kami terus berusaha mempercepat pembangunan dan  menjalin komunikasi dengan stakeholder terkait," kata dia. 

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan 12 jalan tol anyar beroperasi saat periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, memaparkan jalan tol baru yang siap beroperasi saat arus mudik lebaran tahun ini antara lain Jalan Tol Serpong-Cinere, Jalan Tol Cibitung-Cilincing.

Hedy mengatakan PUPR juga menargetkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat beroperasi secara penuh saat mudik Lebaran 

"Cisumdawu saat lebaran nanti full beroperasi," kata Hedy dalam paparannya di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Hedy melanjutkan jalan tol baru lainnya yang akan beroperasi ialah Jalan Tol Sigli-Banda-Aceh. Pada Lebaran nanti, ruas yang akan dibuka adalah Seksi 5. Selanjutnya, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2A, Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B, dan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A.

"Berikutnya Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1B, Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan 2 paket 3," ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement