Advertisement

Ini 7 Nama Calon Sekda DIY yang Ikut Seleksi Terbuka

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 20 Februari 2023 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Ini 7 Nama Calon Sekda DIY yang Ikut Seleksi Terbuka Ilustrasi. - Antarafoto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pemda DIY tengah melakukan seleksi terbuka untuk menempati Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah (Sekda) DIY. Ada tujuh pegawai negeri sipil (PNS) yang berlaga untuk memperebutkan jabatan tersebut. 

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan ada tujuh PNS yang mendaftar untuk posisi tersebut, dan semuanya lolos di tahap seleksi administrasi. Saat ini, ketujuh peserta tengah menjalani uji kompetensi yang akan berlangsung pada 20-23 Februari 2023. 

Advertisement

Ketujuh nama tersebut masing-masing adalah Beny Suharsono (Kepala Badan Perencanaan Pembangunan DIY); Kuncoro Cahyo Aji (Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY); Singgih Raharjo (Kepala Dinas Pariwisata DIY); Srie Nurkyatsiwi (Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah DIY); Sugeng Purwanto (Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY); Sukamto (Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Sekretariat Daerah DIY); dan Tri Saktiyana (Asisten Sekda DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan). 

Kadarmanta menyampaikan uji kompetensi diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI, meski dilaksanakan di BKN DIY. Dia menyampaikan dalam tahapan penilaian ada tiga jenis tes yakni uji kompetensi, penulisan makalah dan uji gagasan atau wawancara.

BACA JUGA: Sultan HB X Segera Bentuk Panitia Seleksi Sekda DIY Pengganti Baskara Aji

Dari tiga penilaian tersebut nilai dari setiap peserta akan digabung, kemudian diperingkatkan menjadi tiga tertinggi. Selanjutnya tiga orang dengan nilai tertinggi, menurut Kadarmanta akan diajukan ke Gubernur DIY untuk kemudian diajukan ke Tim Penyeleksi Akhir (TPA). Dari situ, TPA akan menyampaikan surat kepada Gubernur DIY terkait Sekda terpilih. 

“Nanti dari TPA ada surat kepada Gubernur siapa yang nanti akan jadi [Sekda],” ucapnya, Senin (20/2/2023).

Kadarmanta menyampaikan, perkiraan ketiga nama peserta dengan nilai tertinggi akan diserahkan ke Sri Sultan HB X sekitar pertengahan Maret 2023. 

Dia berharap Sekda terpilih yang akan menggantikannya dapat ditetapkan sekitar Maret 2023. “Kami berharap jangan lebih dari Maret supaya Plt-nya tidak terlalu lama. Tetapi harus tetap ditunggu, TPA-nya dari Jakarta, ya karena Sekda kan Surat Keputusan [SK]nya dari presiden,” ucapnya.

Menurut Kadarmanta, Sekda yang terpilih diharapkan dapat diterima semua pihak, dan dapat bekerjasama dengan Sri Sultan HB X. “Ya saya kira Sekda yang bisa diterima oleh semua pihak ya, baik pusat tentu Gubernur [DIY],” ucapnya. 

“Gubernur itu enggak sulit. Beliau sudah menyampaikan aku ki iso [bisa] kerja sama dengan siapa saja yang penting Sekda ne iso enggak [bisa tidak] kerja sama saya?,” ucapnya. 

Dia menilai ketujuh calon Sekda DIY merupakan kandidat dengan kualifikasi terbaik, sehingga panitia seleksi akan kesulitan menentukan kandidat terbaik. 

“Saya kira dari tujuh orang yang kita sudah dinyatakan lolos administrasi semua punya kualitas yang baik. Tim itu akan sulit karena cari yang terbaik diantara yang baik,” ucapnya. 

Sebelumnya, peserta seleksi telah melalui tahap pendaftaran online dan penerimaan berkas akan berlangsung pada 9-15 Februari 2023, kemudian seleksi administrasi akan berlangsung pada 9-16 Februari 2023, dan pengumuman seleksi administrasi pada 17 Februari 2023. 

Dari seleksi administrasi tersebut, ketujuh peserta lolos tahap tersebut dan tengah melanjutkan ke tahap uji kompetensi pada 20-23 Februari 2023, kemudian akan melanjutkan pula dalam tahap penulisan makalah pada 27 Februari 2023, dan tahap uji gagasan atau wawancara pada 3 Maret 2023. Diperkirakan pengumuman akhir hasil seleksi akan berlangsung pada 6 Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! MK Bacakan Putusan Hasil Sengketa Pilpres pada Senin 22 April Mendatang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement