Advertisement

Turis Asal Prancis Terseret Ombak ke Palung Parangtritis

Ujang Hasanudin
Senin, 20 Februari 2023 - 15:37 WIB
Budi Cahyana
Turis Asal Prancis Terseret Ombak ke Palung Parangtritis Anggota SAR menolong wisatawan yang terseret ombak di Pantai Parangtritis, Senin (20/2/2023). - Istimewa/dok.SAR Satlinmas Wilayah III

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dua orang wisatawan, salah satunya turis dari Prancis, terseret ombak saat berenang di Pantai Parangtritis, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Bantul, Senin (20/2/2023) siang. Beruntung kedua wisatawan tersebut dapat diselamatkan anggota Search and Rescue (SAR) dan anggota Ditpolairut Polda DIY.

Satu dari dua wisatawan tersebut adalah turis asal Prancis bernama Piorre Francois, 37. Sementara satu orang lagi adalah teman Francois yang bernama Listyorini, 32, asal Kota Depok, Jawa Barat. Koordinator SAR Satlinmas Wilayah Operasional III Parangtritis-Depok, Arief Nugraha, mengatakan kecelakaan laut tersebut bermula saat keduanya datang ke Parangtritis setelah menginap di sekitar Goa Langse Gunungkidul.

Advertisement

Keduanya tiba di Pantai Parangtritis sekitar pukul 11.30 WIB. “Kedua korban langsung bermain air di pantai, tanpa sadar ke daerah palung dan terseret ke tengah laut,” kata Arief melalui sambungan telepon, Senin (20/2/2023).

Melihat dua korban terbawa arus balik air laut, petugas dari SAR Satlinmas Wilayah Operasional III dan anggota Ditpolairut Polda DIY langsung menolong kedua korban. Tim SAR berenang menggunakan pelampung dan tali.

BACA JUGA: Mahasiswi UMBY Diduga Bunuh Diri Karena Biaya Kuliah, Ini Kata APTISI

Korban pun dapat ditolong kemudian dibawa ke Pos Satlinmas Wilayah Operasional III Parangtritis. “Kedua korban berhasil diselamatkan,” ucap Arief.  

Arief mengatakan selama awal tahun ini sudah ada dua kejadian kecelakaan laut di Parangtritis. Sebelumnya pada 14 Januari lalu juga ada empat orang wisatawan sempat terseret ombak saat berenang di area palung Pantai Parangtritis. Namun keempatnya juga dapat diselamatkan berkat pertolongan anggota SAR.

BACA JUGA: Bank BTPN Jogja Pastikan Data dan Jaminan Nasabah Aman

Arief mengimbau wisatawan untuk berhati-hati dengan karakter Pantai Parangtritis yang berpalung. Tim SAR sebenarnya sudah banyak memberikan rambu, termasuk rambu tanda lokasi palung.

“Kami imbau pada wisatawan untuk selalu mematuhi rambu-rambu yang sudah kami pasang dan juga mengindahkan imbauan dari petugas langsung di lapangan,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Buka Opsi Penyidikan Dugaan TPPU Dana Hibah APBD Provinsi Jawa Timur

News
| Sabtu, 20 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement