Advertisement

Miris! Pintu Jebol dan Atap SD Negeri di Gunungkidul Ini Nyaris Ambruk

David Kurniawan
Selasa, 21 Februari 2023 - 14:57 WIB
Arief Junianto
Miris! Pintu Jebol dan Atap SD Negeri di Gunungkidul Ini Nyaris Ambruk Kondisi salah satu pintu ruang kelas di SDN Candi Baru 1 di Kalurahan Jatiayu, Karangmojo yang jebol dan gedungnya nyaris ambruk. Rabu (21/2/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Kondisi tiga kelas di SD Negeri Candi Baru 1 di Dusun Kerdon, Jatiayu, Karangmojo sangat memprihatinkan. Selain pintu kelas ada yang jebol, atap ruangan juga nyaris ambruk lantaran kuda-kuda penyangga patah.

Kerusakan gedung tiga kelas di sekolah ini sudah terlihat secara kasat mata. Atap terlihat melengkung dan salah satu ruang kelas  disangga menggunakan tiang kayu sebagai pengganti kuda-kuda yang patah.

Advertisement

Selain itu, enternit ruang kelas juga sudah mulai pada ambrol, gedung retak-retak hingga pintu kelas ada yang jebol. Kerusakan ini sudah terjadi sejak tiga tahun lalu, tapi hingga sekarang belum ada tanda-tanda perbaikan.

Kepala SDN Candi Baru 1 Winarna mengatakan, sejak gedung untuk tiga kelas rusak sudah dilakukan upaya pengajuan perbaikan. Namun sampai saat ini belum juga diperbaiki.

“Sudah dilakukan survei dari dinas, tetapi belum diperbaiki. Setiap tahun, kami sudah mengajukan upaya perbaikan,” kata Winarna saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/2/2023).

BACA JUGA: Atap Sekolah Ambruk Tewaskan Siswa di Gununungkidul 

Menurut dia, kondisi gedung sangat berbahaya karena nyaris ambruk. Untuk keamanan, para siswa yang total berjumlah 58 anak dilarang mendekat ke gedung ini.

Adapun siswa yang terdampak mulai dari kelas 1,2 da 4 untuk sementara dipindahkan ke ruang lain seperti Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Perpustakaan dan ruang kelompok kerja guru (KKG).

“Jelas tidak representatif untuk belajar karena lokasinya sempit. Kami berharap segera ada perbaikan sehingga proses belajar mengajar bisa kembali normal,” katanya.

Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan, sudah melihat kondisi SDN Candi Baru 1 yang sangat memprihatinkan. Menurut dia, kerusakan sudah bisa dilihat dari kejauhan karena atap bangunan melengkung. “Coba kalau tidak ada tiang penyangganya. Mungkin sudah ambruk,” katanya.

Dia berharap kepada dinas pendidikan segera mengambil tindakan karena pengajuan perbaikan melalui Dana Alokasi Khusus juga belum dapat direalisasikan. “Harus segera diperbaiki, apalagi ini sekolah negeri. saya sudah lihat ke lokasi dan kondisinya memang memprihatinkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement