Advertisement

Pemda Klaim Kecelakaan Kerja di DIY Relatif Kecil

Lugas Subarkah
Jum'at, 24 Februari 2023 - 07:47 WIB
Sunartono
Pemda Klaim Kecelakaan Kerja di DIY Relatif Kecil Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY, Aria Nugrahadi, bersama Forum K3 DIY berfoto dalam puncak Bulan K3, di kompleks Angkasa Pura 1, Kamis (23/2/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—DIY menjadi salah satu daerah dengan kecelakaan kerja yang relatif kecil. Angka kecelakaan kerja ini terus ditekan dengan sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) kepada masyarakat dan perusahaan-perusahaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY, Aria Nugrahadi, menjelaskan tingkat kecelakaan kerja di jogja terbilang masih rendah. “Ini karena peran serta aktif dari perusahaan untuk menerapkan protokol K3 dengan baik,” ujarnya dalam puncak Bulan K3, di kompleks Angkasa Pura 1, kamis (23/2/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Empat Pekerja Proyek Tertimbun Longsor, Satu Meninggal

Selain penerapan protokol K3 yang baik, Disnakertrans DIY juga selalu melaksanakan monitoring dan evaluasi K3 di setiap perusahaan. “Kami membuka layanan  pengaduan online terkait norma K3 maupun norma ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Bulan K3 berlangsung selama Januari-Februari. Dalam puncak peringatan ini diberikan sejumlah penghargaan kepada perusahaan yang tertib dalam melaksanakan K3. “Hal ini menjadi momentum agar baik perusahaan, tenaga kerja maupun masyarakat unmum lebih memahami dan melaksanakan budaya K3 dalam melakukan pekerjaan,” kata dia.

General Manager Angkasa Pura 1, Agus Pandu Purnama, menjelaskan dalam kesempatan ini Angkasa Pura 1 mendapat penghargaan Zero Accident untuk Bandara Adisutjipto. Penghargaan yang sama juga didapatkan Angkasa Pura 1 beberapa tahun lalu saat pembangunan YIA.

“Beberapa tahun lalu YIA pada saat pembangunan dengan waktu dua tahun delapan bulan kami zero accident juga dan menndapat penghargaan. Artinya Angkasa Pura 1 punya komitmen, karyawan atau pekerja kita harus sehat dan selamat,” katanya.

BACA JUGA : Banyak Kecelakaan karena Jalan Gelap, Dishub Gunungkidul

Jaminan sehat dan selamat karyawan ini menurutnya yang membuat kinerja Angkasa Pura 1 selalu meningkat. “Kami terima kasih ke Pemda DIY khususnya Dinas Ketenagakerjaan yang selalu memonitor dan mengawasi, berkolaborasi aktif dengan perusahaan,” ungkapnya.

Kolaborasi ini berdampak positif karena DIY menjadi salah satu percontohan sebagai pelaksana k3 di daerah yang berhasil. “Secara nasional selalu meningkat kecelakaan kerjanya, di DIY relatif kecil. kalau bisa hilang sama sekali. Komitmen ini yang selalu kami kampanyekan kepada seluruh karyawan bahwa ini penting,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement