Advertisement

Rusak Akibat Proyek Tol Jogja-Bawen, Ruas Jalan Tempel-Dekso Akan Ditingkatkan Kapasitasnya

Lugas Subarkah
Minggu, 26 Februari 2023 - 13:57 WIB
Sunartono
Rusak Akibat Proyek Tol Jogja-Bawen, Ruas Jalan Tempel-Dekso Akan Ditingkatkan Kapasitasnya Sejumlah spanduk terpasang di jalan Tempel-Dekso sebagai bentuk protes warga, Sabtu (25/2/2023) - Harian Jogja - Lugas

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ruas jalan Tempel-Dekso, Kalurahan Banyurejo, Kapanewon Tempel, Sleman kembali rusak walau sudah ditambal beberapa waktu lalu. Merespons hal ini, Dinas Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY mengusulkan peningkatan jalan.

Kepala Dinas PUP-ESDM, Anna Rina Herbranti menjelaskan terkait kerusakan di ruas jalan tersebut, sementara masih diperbaiki dengan anggaran pemeliharaan rutin. “Saat ini anggran penanganannya dengan pemeliharaan rutin,” ujarnya, Sabtu (25/2/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Akses Jalan Proyek Tol Jogja-Bawen Rusak, Telan Korban

Pemeliharaan rutin tersebut merupakan penanganan yang bersifat sementara, karena bentuknya berupa penambalan aspal di setiap lubang. Dengan tingginya intensitas kendaraan bermuatan berat yang melewati ruas jalan tersebut, penambalan ini tidak bertahan lama.

Maka sembari menangani dengan pemeliharaan rutin, Dinas PUP-ESDM DIY juga berupaya mengusulkan anggaran peningkatan jalan menggunakan Dana Keistimewaan atau APBD. “Melalui dana keistimewaan atau dengan anggaran APBD reguler,” katanya.

Meski demikian, ia belum bisa memastikan kapan usulan ini bisa terealisasi. “Belum tahu [realisasi], yang jelas tahun ini kita berusaha mengusulkan dan tahun depan juga kita usulkan juga. Tapi kami berusaha tahun ini dengan pemeliharaan rutin yang ada, kita perbaiki beberapa yang sudah parah,” ungkapnya.

Seperti diketahui, ruas jalan Tempel-Dekso kembali rusak beberapa waktu terakhir. Dari penuturan warga sekitar, kerusakan tersebut selain mengganggu pengguna jalan, juga membahayakan dan sudah menelan beberapa korban luka maupun nyawa.

BACA JUGA : Ruas Jalan Tempel-Dekso Rusak Parah Akibat Truk Proyek

Rusaknya ruas jalan ini selain disebabkan sebagai akses kendaraan proyek pembangunan jalan tol Jogja-Bawen, juga menjadi jalur alternatif truk bermuatan berat yang menghubungkan jalan Magelang sampai jalan Wates.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement