Advertisement

Harian Jogja

Tol Jogja-Solo Akan Dibuka saat Mudik Lebaran, Sejumlah Menteri Meninjau Perkembangan Konstruksi

Annasa Rizki Kamalina
Senin, 27 Februari 2023 - 10:57 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo Akan Dibuka saat Mudik Lebaran, Sejumlah Menteri Meninjau Perkembangan Konstruksi Foto aerial proyek pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta Paket 1.1 di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). Bisnis - Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO–Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka akan meninjau proyek strategis nasional (PSN) Tol Solo-Jogja-Kulonprogo atau dikenal dengan ruas tol Jogja-Solo dan Jogja-YIA pada hari ini, Senin (27/2/2023). 

Tol Solo-Jogja-Kulonprogo, merupakan aset negara tersebut, rencananya akan mulai difungsionalkan pada masa mudik Lebaran 2023 mendatang. 

Advertisement

BACA JUGA:  Tokopedia Bantu Perempuan Pelaku UMKM Memiliki NIB

“Untuk memastikan arus keluar dan masuk, menjadikan sumbatan atau tidak, harapan kami mudah-mudahan lebaran bisa digunakan sehingga membantu masyarakat tidak macet-macetan,” ujar Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi, Minggu (26/2/2023). 

BACA JUGA : Terbaru, Ini Tahapan Lengkap Proyek Tol Jogja Solo dan Jogja Bawen dan Progresnya 

Basuki menjelaskan, rencananya sekitar 3-6 kilometer (km) dari 42,37 km Seksi 1 Kartasura-Purwomartani (Colomadu-Delanggu) akan rampung dan dapat digunakan selama masa mudik Lebaran 2023. 

Seksi 1 rencananya akan rampung seluruhnya pada akhir 2023 atau kuartal 1/2024. Bila Seksi 1 rampung, nantinya waktu perjalanan Solo menuju Jogja dapat di tempuh hanya dalam 30 menit.

Di sisi lain, Basuki menyampaikan pengadaan lahan masih terus berjalan dilakukan secara bertahap. Saat ini pengadaan lahan untuk Seksi 1 Kartasura-Purwomartani telah terlaksana 93 persen. Sementara Seksi 2 Purwomartani-Gamping telah 73 persen. 

“Poinnya adalah sudah tidak ada kendala untuk konstruksi karena tanahnya sudah siap,” jelasnya. 

Total pendanaan untuk pengadaan lahan Jalan Tol Solo-Jogja-Kulonprogo (Jogja-Solo dan Jogja-YIA)sejak awal hingga per 17 Februari 2023 telah mencapai sekitar Rp5,9 triliun. 

Basuki menyebutkan saat ini pun telah ada dana sebesar Rp474 miliar, yang sudah disetujui Menkeu Sri Mulyani, yang siap disalurkan untuk pengadaan lahan. 

Dibangunnya jalan tol yang menghubungankan antara Provinsi Jawa Tengah dengan DI Yogyakarta ini diharapkan akan semakin memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, barang, dan jasa karena akan tersambung dengan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Solo.

Selain itu, Tol Jogja Solo juga meningkatkan aksesibilitas menuju kawasan pariwisata di sekitar wilayah Pulau Jawa bagian selatan seperti Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja
Baca Koran harianjogja.com

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BEM UI Trending Gara-gara Pamer Meme Puan Berbadan Tikus

News
| Jum'at, 24 Maret 2023, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sekar Kedhaton Sajikan Sedapnya Menu Era Mataram

Wisata
| Kamis, 23 Maret 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement