Advertisement

Lampu Penerangan Jalan Akan Dipasang di Puluhan Titik Rawan Kulonprogo

Catur Dwi Janati
Selasa, 28 Februari 2023 - 14:27 WIB
Sunartono
Lampu Penerangan Jalan Akan Dipasang di Puluhan Titik Rawan Kulonprogo Dishub Kulonprogo melakukan diberhentikan koordinat LPJU pada Februari ini. - Istimewa/Dishub Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Puluhan titik lampu penerangan jalan umum (LPJU) baru bakal dipasang di Kulonprogo. Ditargetkan selesai sebelum Oktober, saat ini pembangunan LPJU baru masih dalam tahap survei penitikan koordinat. 

Kepala Dinas Perhubungan Kulonprogo, Lucius Bowo Pristyanto menerangkan saat ini survei pendidikan LPJU sudah mulai dilakukan. Survei penitikan dilaksanakan untuk menentukan koordinat pemasangan LPJU nantinya. Hal ini dilakukan agar LPJU yang dipasang tidak terlalu rapat atau terlalu lenggang, namun dapat dipasang proporsional sesuai kebutuhan serta kondisi di lapangan.  

Advertisement

BACA JUGA : Bantul Terima Tambahan 600 LPJU, Kadishub Bantul: Alokasi 

"Sudah direncanakan mulai tahun perencanaan kemarin 2022. Kemudian ini hanya untuk menentukan biar tidak meleset sekian ratusan meter atau berapa gitu. Tapi sekarang betul-betul koordinat berapa begitu sudah ada," terangnya pada Senin (27/2/2023).

Pada tahun 2023 ini, UPT Pengelolaan Penerangan Jalan Umum direncanakan akam membangun LPJU di 60 titik dalam 21 lokasi yang tersebar di 12 Kapanewon. Pemasangan LPJU baru, hampir rutin dilaksanakan setiap tahun. Untuk tahun ini, 60 LPJU baru disokong dari anggaran APBD. 

Dalam pemilihan lokasinya, sejumlah lokasi strategis yang diproyeksikan mampu menggerakan perekonomian dipilih sebagai sasaran pembangunan lampu di 2023. Selain itu lokasi rawan kecelakan juga menjadi sasaran lokasi penambahan LPJU baru ini.

"Kami mengambil prioritas di simpul-simpul pertumbuhan, harapan kami kalau kemudian kalau misalnya di simpang tiga atau mana lampunya terang, setidaknya bisa ada kios-kios, ada angkringan atau apa. Walaupun tidak mengabaikan di ruas-ruas jalan tertentu seperti tikungan, [ruas] rawan kecelakan," terangnya. 

BACA JUGA : Luar Biasa! Tagihan Listrik LPJU di Gunungkidul Naik hingga

Pasca survei penitikan lokasi LPJU rampung digelar, pemasangan LPJU akan memasuki tahap lelang. Pemasangan lampu LPJU baru ini diharapkan rampung sebelum musim hujan berikutnya. Menurut Bowo akan menjadi sulit bila pemasangan LPJU yang syarat akan kelistrikan terjadi pada saat musim hujan.

"Target kami nanti kalau bisa belum masuk musim hujan depannya sudah selesai. Ya sebelum Oktober, paling enggak Oktober sudah selesai," jelasnya. 

Harapan Bowo, sebagai komponen kelengkapan jalan penambahan LPJU mampu membuat jalan-jalan menjadi terang dan meningkatkan keselamatan pengendara. 

Selain penambahan LPJU, perawatan LPJU menjadi aspek lain agar kegunaannya tetap berfungsi. Pada musim hujan aduan LPJU rusak meningkat lantaran hujan dan angin. Kepala UPT PPJU Dinas Perhubungan Kulonprogo, Iswanta pada Desember 2022 lalu menuturkan bahwa pelaporan gangguan LPJU yang masuk meningkat saat musim hujan ini.

Akan tetapi pelaksanaan perbaikan terkendala dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. Sehingga perbaikan LPJU di wilayah belum bisa maksimal dan masyarakat diminta bersabar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement