Advertisement

Luar Biasa! Tagihan Listrik LPJU di Gunungkidul Naik hingga Rp1 Miliar

David Kurniawan
Selasa, 13 September 2022 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Luar Biasa! Tagihan Listrik LPJU di Gunungkidul Naik hingga Rp1 Miliar Ilustrasi perawatan lampu penerangan jalan umum - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Tagihan listrik untuk lampu penerangan jalan umum (LPJU) di Gunungkidul bertambah seiring adanya kenaikan tarif dasar listrik (TDL).

Meski demikian, Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul memastikan tidak ada pemadaman karena Pemkab telah menambah alokasi anggaran guna membayar tagihan tersebut.

Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum dan Perpakiran, Dishub Gunungkidul, Ely Siswanto mengatakan, kenaikan TDL untuk pajak penerangan jalan berlaku sejak Agustus. Hal ini berdampak terhadap beban pajak yang harus dibayarkan ke PLN.

BACA JUGA: Pesantren AL Hikmah Gunungkidul Gelar Reuni Akbar, Bagikan Motivasi Pada Santri

Sebelum ada kenaikan, tarif membayar listrik untuk penerangan jalan sekitar Rp850 juta. Namun, setelah ada kenaikan beban ikut naik menjadi sekitar Rp954 juta. “Hampir Rp1 miliar yang dibayarkan untuk listrik penerangan jalan,” katanya, Selasa (13/9/2022).

Menurut dia, dengan kenaikan ini maka dinas perhubungan mengajukan tambahan anggaran ke Pemkab. Penambahan bertujuan agar tidak ada pemadaman terhadap fasilitas LPJU di Gunungkidul. “Sudah disetujui dan anggaran tambahan yang diberikan sekitar Rp500 juta,” katanya.

Ely memastikan adanya penambahan anggaran ini, maka dipastikan tidak ada pemadaman karena beban untuk membayar listrik telah tercukupi hingga akhir tahun mendatang.

“Ancamannya memang pemadaman kalau terlambat bayar, tapi sudah kami antisipasi sehingga LPJU di Gunungkidul tetap menyala,” katanya.

Disinggung soal jumlah LPJU yang dimiliki Pemkab, dia mengaku ada sekitar 1.300 titik di jalan kabupaten. “Kewenangan LPJU disesuaikan dengan status jalan. Tetapi, untuk tagihan listriknya tetap Pemkab yang menanggungnya,” ucap Ely.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Bentuk Tim Gabungan Pencari Fakta untuk Tragedi Stadion Kanjuruhan

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement