Advertisement

Pesantren AL Hikmah Gunungkidul Gelar Reuni Akbar, Bagikan Motivasi Pada Santri

David Kurniawan
Selasa, 13 September 2022 - 06:17 WIB
Sirojul Khafid
Pesantren AL Hikmah Gunungkidul Gelar Reuni Akbar, Bagikan Motivasi Pada Santri Reuni akbar Pondok Pesantren Al Hikmah di Kalurahan Karangmojo, Kapanewon Karangmojo, Gunungkidul, Minggu (11/9/2022). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul—Pondok Pesantren Al Hikmah di Kalurahan Karangmojo, Kapanewon Karangmojo, Gunungkidul menggelar reuni akbar yang berlangsung di halaman pondok, Minggu (11/9/2022). Kegiatan ini tak hanya untuk memperkuat tali persaudaraan, tapi juga memberikan motivasi bagi para santri yang sedang menempuh studi.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikmah Karangmojo, Harun Al Rasyid, merasa senang dengan penyelenggaraan reuni akbar yang diselenggarakan. Meski terkesan sederhana, tapi memiliki banyak makna bagi para santri maupun alumni.

“Khususnya santri untuk memberikan motivasi agar lebih giat belajar sehingga apa yang dicita-citakan dapat diraih,” kata Harun, Senin (12/9/2022).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dia menjelaskan, reuni akbar juga sebagai pengingat bagi para alumni terkait dengan pengalaman mondok sebagai santri. Diharapkan dengan kegiatan ini, maka tali persaudaraan yang ada bisa terpuat. “Yang terpenting terus mengamalkan kebaikan untuk memerangi keburukan yang ada,” katanya.

Menurut Harun, keberadaan para santri maupun alumni sangat penting di masyarakat. Salah satunya agar kebaikan tidak kalah dengan hal-hal yang batil. “Contohnya sudah ada. Dulu tidak ada kampung gali, sekarang mulai ada. Kondisi ini harus dicegah agar tidak semakin meluas. Jadi peran dari santri maupun alumni sangatlah penting,” katanya.

BACA JUGA: Siapa Saja Penerima Bansos BBM Rp4,5 miliar di Gunungkidul? Ini Kata Pemkab

Harun tidak menampik keberadaan pesantren, juga ada kelebihan dan kekurangan. Meski demikian, ia menilai pembelajaran di pondok sangatlah bagus karena tak hanya mendapatkan pendidikan secara normal, tapi juga diperkuat dari sisi keagamaan.

“Landasan agama harus diperkuat agar tidak terjerumus ke hal-hal yang kurang baik,” katanya.

Disinggung mengenai keberadaan alumni sejak berdiri 33 tahun yang lalu, Harun mengakui sudah banyak yang meraih kesuksesan seperti menjadi dokter hingga meneruskan studi ke Arab Saudi dan China.

Advertisement

“Kami akan terus berupaya mendorong para santri berprestasi di bidang akademik, tapi di sisi lain juga memperkuat dari sisi keagamaan,” katanya.

Penceramah dalam Reuni Akbar Pondok Pesantren Al Hikmah, Muhammad Chirzin, mengatakan setiap alumni merupakan anak panah yang dimiliki pondok pesantren. Oleh karenanya, hubungan kekeluargaan yang terjalin jangan sampai terputus. “Tali silahturahmi harus dijaga karena bagian dari amalan yang harus dijalankan. Sebab, pondok pesantren merupakan medan dan lahan untuk beribadah,” katanya.

BACA JUGA: Pemkab Nekat Bangun Patung Tobong Gamping, DPRD: Tidak Dihiraukan, maka Sak Karep-karepmu

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Zumi Zola Terkait Dugaan Suap Pengesahan RAPBD Provinsi Jambi

News
| Selasa, 27 September 2022, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement