Advertisement

Seluruh Petugas BJS Kesehatan Sangat Informatif

Media Digital
Kamis, 02 Maret 2023 - 17:32 WIB
Budi Cahyana
Seluruh Petugas BJS Kesehatan Sangat Informatif Layanan BPJS Kesehatan

Advertisement

SLEMAN—Transformasi mutu layanan menjadi salah satu fokus utama BPJS Kesehatan di tahun 2023. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatan kualitas dan mutu layanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus dioptimalkan melalui pendekatan, memberikan pelayanan yang mudah dan memuaskan kepada peserta sehingga seluruh peserta merasakan pengalaman yang ramah, tidak ribet dan tidak diskriminatif.

Hal inilah yang dirasakan oleh Elsa Megasaputri Seprianti, salah satu peserta JKN Kabupaten Sleman, ketika ingin mencari informasi tentang pendaftaran peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dari peralihan yang sebelumnya terdaftar sebagai anak pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sleman, Senin (27/02). Dia merasakan pelayanan yang begitu prima oleh masing-masing petugas, termasuk petugas keamanan. Keramahan dan edukasi yang informatif begitu kental terasa sehingga menambah kenyamanan dalam pelayanan.

Advertisement

“Pertama saya sampai di Kantor BPJS Kesehatan disambut sikap ramah dan sopan oleh satpam, ditanyakan apa kebutuhan saya. Satpam sangat informatif sekali, dijelaskan secara perlahan dan berurutan tentang pendaftaran peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), bahkan sampai dibantu cara pengisian formulirnya. Dijelaskan juga langkah mudah daftar autodebit melalui Aplikasi Mobile JKN,” kata Elsa dengan tersenyum.

Awalnya, Elsa mengira jika pelayanan BPJS Kesehatan antre berjam-jam, lama dan kurang informatif. Ternyata itu semua salah. Pelayanan yang diberikan sangat baik, ramah dan informatif. Ruang tunggu pelayanan juga sangat nyaman, dingin dan wangi. Walaupun dia mendaftar menjadi peserta JKN kelas tiga, tetapi tidak ada diskriminatif sama sekali. Tetap dilayani dengan baik dan ramah dari satpam hingga petugas frontliner.

“Terima kasih untuk satpam dan petugas frontliner BPJS Kesehatan Cabang Sleman yang sudah luar biasa memberikan layanan terbaiknya kepada peserta JKN. Saya juga berharap, BPJS Kesehatan selalu memberikan pelayanan yang ramah, informatif, tidak berbelit dan tidak diskriminatif. Selalu inovatif memberikan pelayanan yang cepat kepada seluruh peserta JKN yang membutuhkan pelayanan,” ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sleman, M. Idar Aries Munandar menjelaskan, satpam merupakan salah satu garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada peserta JKN sebelum mendapatkan pelayanan administrasi. Mereka bertugas menjalankan fungsi identifikasi kebutuhan peserta JKN sehingga seluruh satpam telah dibekali tentang regulasi dan standar pelayanan yang ada di BPJS Kesehatan.

“Untuk meningkatkan pelayanan prima, BPJS Kesehatan telah memberikan keseragaman pemahaman terkait standar pelayanan peserta dan meningkatkan soft skills bagi satpam. Sudah ada standar pelayanan prima yang dilakukan satpam dan kami lakukan evaluasi berkala sehingga dapat melayani peserta JKN secara optimal,” katanya.

Selain itu, lanjut Nandar, pihaknya terus berupaya meningkatkan mutu layanan kepada peserta JKN. Kenyamanan peserta menjadi perhatian yang akan dioptimalkan sehingga segala kebutuhan peserta dapat terpenuhi. Tak hanya itu, pihaknya mengembangkan beragam inovasi untuk memberikan kemudahan akses bagi peserta JKN.

“Peserta JKN silakan mengakses Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Asisstant JKN (CHIKA) hingga Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA). Selain itu, kami juga memperhatikan kenyamanan dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai,” ujarnya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengerahan ASN Dukung Prabowo-Gibran Tak Cukup Bukti, Berikut Putusan MK

News
| Senin, 22 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement