Advertisement

Viral Sultan Jogja Hujan-hujanan saat Jadi Pembina Upacara, Enggan Dipayungi

Sunartono
Jum'at, 03 Maret 2023 - 17:47 WIB
Sunartono
Viral Sultan Jogja Hujan-hujanan saat Jadi Pembina Upacara, Enggan Dipayungi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono saat menjadi pembina upacara HKPN di tengah guyuran hujan di Stadion Mandala Krida Rabu (1/3/2023). - Istimewa/Humas Pemda DIY.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menjadi Pembina upacara Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HKPN) di Stadion Mandala Krida Jogja pada Rabu (1/3/2023). Tindakan Sultan yang tetap melanjutkan upacara meski di tengah hujan deras dan enggan dipayungi menjadi viral di media sosial. Warganet pun memuji Sultan dan menganggap bisa menjadi contoh bagi generasi muda.

Upacara HKPN memang baru pertama kali digelar setelah Presiden Jokowi menetapkan 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara melalui Keppres Nomor 2 Tahun 2022. HKPN merupakan buah dari upaya DIY sebagai kota yang memiliki peran penting terhadap upaya mempertahankan kedaulatan NKRI di masa agresi militer Belanda, terkenal dengan Serangan Umum 1 Maret. Di hari itulah pada Rabu (1/3/2023) kembali diperingati dengan upacara dan Sultan HB X sebagai Pembina upacara.

Advertisement

BACA JUGA : Saat Viral Pejabat Bea Cukai Pamer Harta, Sultan Jogja

Dalam video yang beredar Sultan mengenakan jas warna hitam layaknya pejabat lain. Salah satu tayangan yang paling banyak menimbulkan komentar positif dari warganet adalah ketika Sultan untuk tetap bertahan di saat hujan deras mengguyur Stadion Mandala Krida. Raja Kraton Ngayogyakarta itu tetap khidmat menghormat bendera di tengah hujan deras.

Video tersebut viral di media social Tiktok yang salah satunya diunggah oleh akun @jogjatv.tv pada Kamis (2/3/2023). Sebagian besar warganet memuji sikap Sultan. Ada ratusan akun yang mengomentasi video tersebut.

“Masyarakat Indonesia harus bangga punya figur seperti beliau,” tulis akun @rifqy di kolom komentar.

“Hormat setingi tingginya buat sultan. Saya seorang paskibra sgt terharu. Ternyata masih ada pemimpin spt ini,” tulis akun Alhakim.

Koordinator Substansi Bagian Humas Biro Umum, Humas, dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji membenarkan bahwa saat upacara HKPN di Stadion Mandala Krida terjadi hujan. Saat itu petugas sebenarnya sudah menyiapkan payung, akan tetapi Sultan tidak bersedia dan tetap melanjutkan sebagai Pembina upacara dengan khidmat.

BACA JUGA : Kemiskinan DIY Tertinggi di Jawa, Sultan: Ukurannya Tidak Adil

"Kami sudah menyiapkan payung untuk antisipasi jika beliau ngersaaken [menginginkan], tapi ternyata beliau tidak kersa [tidak bersedia dipayungi] dan tetap berdiri di depan hingga upacara selesai [meski hujan deras]," katanya, Jumat (3/3/2023).

Dalam kesempatan itu Sultan menyatakan peringatan HPKN Tahun 2023, selayaknya dimulai dengan peresapan batin selaras dengan ‘Liring Pangastuti Trusing Tyas’ dimana hati sanubari dan cakrawala pikiran memang harus dibuka seluas-luasnya. Hal tersebut agar HPKN dapat menjadi suluh penerang dan inspirasi dalam mencintai tanah air Indonesia.

Setelah meresapi makna dan esensi yang melingkupinya, HPKN harus pula ditafsirkan secara rasional. Melalui berbagai karya nyata karena rasionalitas lebih tepat menyikapi berbagai dinamika.

“Dengan kata lain, kecintaan warga negara Indonesia akan terbangun secara nyata, apabila tataran Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dapat dicapai melalui pembangunan yang adil dan beradab pula. Sehingga tepat kiranya, apabila makna kedaulatan, benar-benar ditransformasi dan diaktualisasi, dalam berbagai upaya membangun kesejahteraan masyarakat, dalam semangat Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya, untuk Indonesia Raya,” ungkap Sri Sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Antiteror Grebek Rumah Terduga Teroris di Cikampek

News
| Sabtu, 15 Juni 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement