Advertisement

Operasi Khusus Malam Puasa Disiapkan Satpol PP Jogja untuk Antisipasi Klitih

Triyo Handoko
Sabtu, 04 Maret 2023 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
Operasi Khusus Malam Puasa Disiapkan Satpol PP Jogja untuk Antisipasi Klitih Ilustrasi kekerasan. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Satpol PP Jogja menyiapkan strategi khusus untuk menjaga Ramadan di wilayahnya dari bahaya klitih atau kekerasan jalanan. Strategi utama yang akan dilakukan Satpol PP Jogja adalah rutin mengadakan operasi, khususnya saat malam hari.

Tak hanya saat bulan Ramadhan, operasi malam hari menjelang puasa juga akan diberlakukan. “Sedang kami siapkan operasinya, kami juga perlu koordinasi dengan pihak lain juga, terutama Polri dan TNI,” kata Plt Kasatpol PP Jogja Heri Eko Prasetyo, Jumat (3/3/2023).

Advertisement

Tujuan operasi, menurut Heri, terutama untuk menanggulangi kejahatan jalanan terutama klitih saat bulan Ramadan. “Kejahatan jalanan saat bulan puasa ini biasanya meningkat saat bulan puasa, jangan sampai terulang dan memakan korban lagi di bulan yang suci maka kami akan gelar operasi,” ujar dia.

Tingginya angka kejahatan jalanan di Jogja saat Ramadhan, lanjut Heri, karena aktivitas malam hari meningkat di tengah masyarakat.

BACA JUGA: Harta Kekayaan Eko Darmanto Eks Kepala Bea Cukai Jogja Diklarifikasi KPK Selasa

“Berbeda dengan bulan lainnya, kalau bulan puasa jelas banyak sekali aktivitas malam hari dari setelah buka puasa sampai sahur itu kan aktivitas masyarakat banyak,” ucap dia.

Operasi malam hari, sambung Heri, juga sudah dilakukan Satpol PP Jogja dari sekarang. “Di hari biasa kami juga rutin bikin operasi razia karena ada jam malam juga untuk pelajar, ini juga masih rutin kami lakukan bersama kepolisian dan TNI juga,” kata dia.

Heri mengimbau masyarakat untuk tetap tertib selama Ramadan. “Tanpa diimbau, masyarakat sudah tahu, di mana pun kapanpun kekondusifan wilayah itu penting apalagi ini bulan puasa jadi harus ditingkatkan,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Amalan Menyambut Bulan Puasa Ramadan

Amalan Menyambut Bulan Puasa Ramadan

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dua Anak Hanyut di Kali Mampang Belum Ditemukan

News
| Minggu, 03 Maret 2024, 01:07 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement