Advertisement

Antusiasme Peserta Lomba Baca Puisi Sejarah di Bantul Cukup Tinggi

Media Digital
Sabtu, 04 Maret 2023 - 05:47 WIB
Budi Cahyana
Antusiasme Peserta Lomba Baca Puisi Sejarah di Bantul Cukup Tinggi Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

BANTUL—Antusiasme peserta lomba baca puisi sejarah dalam Peringatan Peristiwa Sejarah yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Bantul cukup tinggi.

Total ada ada 195 pendaftar. Namun yang lolos seleksi sebanyak 192 orang. Dari jumlah tersebut terpilih 10 nominasi terbaik. Lomba baca puisi tersebut dalam mengambil tema Dari Serangan Umum 1 Maret Menuju Kedaulatan Bangsa dengan subtema Perjuangan Pahlawan Melawan Penjajah. Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, Nugroho Eko Setyanto, mengatakan kegiatan lomba paca puisi sejarah tersebut dibiayai dari Dana Keistimewaan (Danais) melalui Sub Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Kesejarahan Dinas Kebudayaan.

Advertisement

Kegiatan tersebut bertujuan mengenalkan sejarah kepada masyarakat, khususnya tentang sejarah perjuangan bangsa. Kemudian juga menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui sejarah, meningkatkan kompetisi diantara masyarakat tentang pentingnya sejarah dan budaya bangsa melalui pembacaan puisi sejarah.

“Kemudian memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat tentang pahlawan bangsa, peristiwa sejarah. Kegiatan ini juga bertujuan menjadi salah satu sarana belajar sejarah yang atraktif dan menghibur,” katanya, Jumat (3/3/2023).

Nugroho berujar tahapan lomba puisi sejarah itu sudah dilakukan sejak awal Februari lalu. Kemudian dilakukan penilaian pada akhir Februari di ruang rapat Sabda Wara Dinas Kebudayaan Bantul. Sementara penjurian dilakukan pada Kamis (2/3/2023) lalu di Balai Kalurahan Mulyodadi, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul.

Menurutnya bahwa lomba puisi diadakan tiap tahun dengan anggaran berasal dari Danais. sementara temanya berbeda-beda. Lomba tersebut diperuntukkan khusus untuk masyarakat Bantul.

Lebih lanjut Nugroho mengatakan bahwa puisi sebagai salah satu karya sastra menjadi sarana yang efektif dalam menyampaikan pesan. “Penyampaian ide dan gagasan kepada masyarakat dengan bahasa yang indah sehingga pesan yang mungkin disampaikan dengan keras dapat dibalut dengan bahasa puisi menjadi sebuah pesan yang dapat diterima,” ujarnya.

Melalui babak final lomba baca puisi yang digelar Kamis lalu tersebut, dewan juri memutuskan bahwa juara pertama diraih Syaifullah Azzam Almuzhaffar yang membawakan puisi berjudul Sebuah Jaket Berlumur Darah karya Taufiq Ismail. Lalu, juara kedua diraih oleh Khansa Qatrunnada Azzahra dengan puisi berjudul Tentang Sebuah Gerakan karya Wiji Thukul. Kemudian, juara ketiga diraih oleh Gilang Dicky Bactiar dengan puisi berjudul Pahlawan Tak Dikenal karya Toto Sudarto Bachtiar.

Selain itu, juara harapan satu diraih oleh Aprilia Kartika Sari dengan puisi berjudul Doa Seorang Serdadu Sebelum Perang karya W.S. Rendra. Sementara juara harapan dua diraih oleh Nadia Marfath Khoirunnisa dengan puisi berjudul Gugur.

Terakhir, secara berurutan, lima finalis diisi oleh Adinda Dani Saputra, Khilda Rizka Amalia, Maya Ari Wardani, Aloysius Anggito Pandu Atmojo, dan Dewi Nur Ria Wati. (ADV)

Grafis:

Juara I                         : Syaifullah Azzam Almuzhaffar

Juara II                        : Khansa Qatrunnada Azzahra

Juara III                      : Gilang Dicky Bactiar

Juara Harapan I           : Aprilia Kartika Sari

Juara Harapan II         : Nadia Marfath Khoirunnisa

Finalis 6-10                 :Adinda Dani Saputra, Khilda Rizka Amalia, Maya Ari Wardani, Aloysius Anggito Pandu Atmojo, dan Dewi Nur Ria Wati.

HADIAH LOMBA

Juara I                         : Rp 2.000.000, 00*, trophy, piagam

Juara II                        : Rp 1.750.000, 00*, trophy, piagam

Juara III                      : Rp 1.500.000, 00*, trophy, piagam

Juara Harapan I           : Rp 1.250.000, 00*, trophy, piagam

Juara Harapan II         : Rp 1.000.000, 00*, trophy, piagam

Finalis 6-10                 : Goodie Bag

*) Uang hadiah belum dipotong pajak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sekjen PDIP Berterima Kasih kepada Rakyat karena Kembali Menangi Pileg 2024

News
| Senin, 22 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement