Advertisement

Begini Nasib Dua Pencuri yang Melawan Polisi, Tragis!

Ujang Hasanudin
Selasa, 07 Maret 2023 - 10:37 WIB
Sunartono
Begini Nasib Dua Pencuri yang Melawan Polisi, Tragis! Kedua tersangka pencurian dan pemberatan bersama barang bukti hasil curian. dok, Humas Polres Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kepolisian Sektor Pajangan menangkap dua orang pencuri spesialis rumah kosong di wilayah DIY. Keduanya merupakan warga Indramayu, Jawa Barat, masing-masing bernama Sukarya,49 dan Caripan,39. Bakan tersangka Sukarya terpaksa ditembak polisi pada bagian kaki karena berusaha melarikan diri saat diminta untuk menunjukan Tempat Kejadian Perkara (TKP) lainnya.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana mengatakan penangkapan kedua tersangka pencurian dan pemberatan (Curat) tersebut dilakukan pada Senin (6/3/2023) lalu, sekitar pukul 10.00 WIB di Dusun Kadisono, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan. Penangkapan tersebut hanya berselang sekitar satu jam setelah kedua tersangka melakukan pencurian di rumah milik Wagirah, di Dusun Kedung RT 01, Kalurahan Guwosari, Pajangan, sekitar pukul 09.00 WIB.

Advertisement

BACA JUGA : Terhimpit Biaya Sekolah dan Pengobatan, Pelaku Pencurian

Awalnya polisi mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa telah terjadi pencurian di rumah Wagirah. “Kemudian petugas unit Reskrim Polsek Pajangan menyisir di seputaran wilayah Dusun Kedung dan Dusun Kadisono dan didapati dua orang berboncengan yang mencurigakan dengan kendaraan sepeda motor Honda Beat warna hitam dengan plat nomor E 3943 PCH milik pelaku,” kata Jeffry, Saat dihubungi Selasa (7/3/2023).

Kedua tersangka tersebut diberhentikan kemudian dilakukan penggeledahan dan ditemukan sebuah telepon selular merk OPPO A31 yang diakui milik tersangka atas nama Caripan. Kemudian polisi meminta tersangka untuk membuka sandi dari HP tersebut namun tersangka tidak dapat membukanya. Polisi kemudian menunjukan HP itu kepada korban Wagirah dan ternyata benar milik Wagirah yang dicuri oleh kedua tersangka.

Oleh polisi, para tersangka kemudian diminta menunjukan tempat tinggalnya di sebuah kontrakan yang beralamat di Glagah, Temon, Kulonprogo. Di tempat tersebut petugas menemukan sejumlah barang seperti laptop beserta charger, hardisk, KTP, STNK, dan ATM. Barang-barang tersebut ternyata milik korban Adean Triyansah, warga Dusun Kembanggede, Guwosari, Pajangan yang dicuri tersangka pada Sabtu (4/3) lalu.

Kejadian bermula ketika pemilik rumah meninggalkan rumah untuk menghadiri acara kondangan. Kemudian setelah pulang dari acara tersebut sekitar pukul 13.50, korban mendapati pintu rumahnya terbuka dan barang-barang di kamar sudah dalam kondisi berantakan. Dari kejadian tersebut korban kehilangan satu unit laptop, hardisk, KTP, STNK, ATM, serta uang tunai sebesar Rp. 400 ribu dengan total kerugian Rp4 juta.

BACA JUGA : Dua Aksi Pencurian Terjadi di Plaza Malioboro Jogja

Tidak puas sampai disitu, polisi kemudian meminta kedua tersangka kembali menunjukan TKP lainnya karena diduga kedua tersangka melakukan pencurian di tempat lain. “Pada saat pelaku menunjukkan TKP yang lain, pelaku atas nama Sukarya melakukan perlawanan terhadap petugas dan berusaha melarikan diri. Kemudian petugas melakukan tindak tegas dan terukur dengan menembak salah satu kaki tersangka atas nama Sukarya,” tegasnya.

Dari hasil interogasi, kedua tersangka mengaku sudah melakukan aksi pencuriannya di beberapa tempat. “Pelaku mengakui telah melakukan kejahatan serupa di wilayah hukum Polres Bantul, Kulonprogo, dan Gunungkidul. Untuk saat ini masih kami lakukan penyelidikan lebih lanjut,” tandas Jeffry.

Adapun modus tersangka adalah berkeliling kampung dengan mencari rumah yang ditinggal penghuninya, ketika melihat rumah kosong pelaku masuk dan mencari barang berharga. Namun jika pintu rumah dalam keadaan terkunci, tersangka menggunakan kunci duplikat dengan alat kikir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement