Advertisement

Peran Satpol PP, Satlinmas dan Damkar Wujudkan Trantibum Linmas di Sleman

Media Digital
Kamis, 09 Maret 2023 - 21:42 WIB
Budi Cahyana
Peran Satpol PP, Satlinmas dan Damkar Wujudkan Trantibum Linmas di Sleman Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Tahun 2023 ini Satuan Polisi Pamong Praja memperingati HUT yang ke-61. Di usia yang lebih dari setengah abad, Satpol PP telah memberikan banyak sumbangsih dan peran serta dalam mewujudkan ketentraman, ketertiban umum serta perlindungan bagi masyarakat. 

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mempunyai peran besar dalam mewujudkan ketentraman, ketertiban umum serta perlindungan masyarakat (Trantibum Linmas) di wilayah Sleman. "Terlebih, Kabupaten Sleman memiliki masyarakat yang majemuk, sehingga tidak jarang dihadapkan pada gejolak akibat isu yang berpotensi menimbulkan perpecahan," katanya, Rabu (8/3/2023).

Advertisement

Oleh karenanya, lanjut Kustini, Satpol PP dituntut untuk mampu bersikap proaktif dalam mencermati gelagat serta dinamika masyarakat seperti deteksi dini permasalahan, pengamanan dan ketertiban serta stabilitas dan pertahanan. Kondusivitas lingkungan yang terwujud saat ini, kata Kustini, tidak terlepas dari peran serta Satpol PP dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban umum.

"Khususnya dalam mewujudkan Visi Sleman sebagai Rumah Bersama yang mampu memayungi dan mengakomodasi berbagai kelompok," kata Kustini.

Dalam pelaksanaan tugasnya, sambung Kustini, tentunya Satpol PP di Sleman tidak terlepas dari berbagai tantangan. Dalam upaya penyelenggaraan Trantibum Linmas misalnya pada tahun 2022 terdapat 69 aduan masyarakat. "Aduan terkait ketentraman dan ketertiban umum masuk melalui aplikasi Lapor Sleman maupun surat aduan dan semua aduan dapat ditindaklanjuti dengan baik," ujarnya.

Menurut Kustini, keberhasilan Satpol PP dan Linmas dalam menindaklanjuti aduan yang masuk didukung oleh ketersediaan dan kesiapsiagaan para personil. Saat ini anggota Linmas di Kabupaten Sleman berjumlah 7.117 orang. Adapun jumlah RT di Kabupaten Sleman sebanyak 7.414 sehingga persentase cakupan petugas linmas mencapai 0.96%.

Selain itu, di tahun 2022 lalu Satpol PP juga telah mengajukan sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) sebanyak 7 kali terhadap pelanggaran Perda Trantibum 6 kali dan Perda minuman alkohol 1 kali.

Tantangan lainnya dalam penyelenggaraan Trantibum Linmas yaitu terjadinya kejadian kebakaran. Tahun 2022 lalu jumlah kejadian kebakaran mencapai 144 kejadian, dimana jumlah ini meningkat dari tahun 2021 yang dengan jumlah 107 kejadian kebakaran.

Terkait peningkatan kasus kebakaran di Sleman, Satpol PP, Satlinmas dan Damkar melakukan berbagai upaya guna menekan kejadian kebakaran di Sleman. Di antara, melakukan sosialisasi dan penyuluhan bahaya kebakaran di tingkat Kapanewon dan Kalurahan, pengenalan bahaya kebakaran sejak dini bagi anak-anak TK dan PAUD, pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) di tingkat Kalurahan, serta penambahan Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK).

"Pada momentum HUT ke – 61 Satpol PP dan HUT ke – 73 Satlinmas, saya mengajak Satpol PP dan Satlinmas untuk kembali memperoleh “amanah” dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai tema yakni “Mewujudkan Wilayah Tertib dan Ramah Investasi melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat yang profesional”," ujarnya.

Tema ini tersebut, kata Kustini, diusung sebagai tindaklanjut dari arahan Bapak Presiden RI dalam menanggapi isu penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi yang saat ini memang menuntut perhatian lebih dari seluruh jajaran Pemerintah dan stakeholder. "Kami berharap Satpol PP Sleman, Satlinmas dan Damkar dapat bersinergi sesuai fungsi dan ketugasan masing-masing dalam upaya Mewujudkan Wilayah Tertib dan Ramah Investasi di Kabupaten Sleman. Dirgahayu Satpol PP, Satlinmas serta Damkar. Semoga semakin profesional, tegas dan humanis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," harap Kustini. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tujuh Pelaku Penggelapan Kendaraan Bermotor Jaringan Internasional Ditangkap Bareskrim Polri

News
| Kamis, 18 Juli 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Gemar Wisata Horror? 7 Tempat Angker di Asia Ini Bisa Masuk Travel List

Wisata
| Rabu, 17 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement