Advertisement

Merapi Erupsi, Garuda Indonesia Siapkan Langkah Mitigasi Penerbangan

Rio Sandy Pradana
Minggu, 12 Maret 2023 - 08:57 WIB
Sunartono
Merapi Erupsi, Garuda Indonesia Siapkan Langkah Mitigasi Penerbangan Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas guguran (APG), Sabtu (11/3/2023) pukul 12.12 WIB ke arah Kali Bebeng/Krasak. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan erupsi masih berlangsung hingga pukul 12.31 WIB. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Garuda Indonesia memastikan penerbangan dari dan menuju Jogja dan Solo masih berlangsung normal dan tidak terdampak erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada siang ini Sabtu (11/3/2023).

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan akan terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Merapi melalui koordinasi intensif bersama dengan stakeholders kebandarudaraan utamanya di wilayah Jogja, Solo dan sekitarnya.

Advertisement

"Kami memastikan penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Jogja dan serta Bandara Adi Sumarmo, Solo maupun sektor penerbangan lainnya hingga saat ini berlangsung dengan normal," katanya dalam siaran pers, Sabtu (11/3/2023).

BACA JUGA : Erupsi Merapi 11 Maret 2023 Terbesar dalam Setahun Terakhir

Selain itu, Garuda akan memastikan kesiapan berbagai langkah mitigasi dengan senantiasa mengedepankan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang.

Garuda Indonesia menghimbau para penumpang untuk memastikan kembali jadwal penerbangannya melalui call center Garuda Indonesia di nomor 021-23519999 dan 0804 1 807 807.

Penumpang juga dihimbau untuk memastikan nomor kontak atau alamat e-mail yang tercantum pada tiket agar kami dapat menghubungi apabila terjadi perubahan jadwal penerbangan.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi mengatakan erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada Sabtu (11/3/2023) pagi tidak mempengaruhi operasional penerbangan. 

Dia menuturkan kegiatan navigasi, baik di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) maupun di bandara-bandara lain sekitarnya, termasuk Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dan Adi Sumarmo Solo dalam keadaan aman.

BACA JUGA : Hujan Abu Merapi Capai 30 Kilometer, Otoritas YIA Lakukan Paper Test di Titik

"Hingga pernyataan ini dikeluarkan, operasional penerbangan dan personel pelayanan navigasi penerbangan di Bandara YIA, Adi Sucipto, Adi Sumarno, dan Ahmad Yani dalam keadaan aman terkendali," kata Rosedi dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/3/2023).

Dia mengatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan peringatan kepada maskapai dengan No. ASHTAM (Volcanic Ash Notam): VAWR3871 pada pukul 05.35 UTC/12.35 WIB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bareskrim Gandeng Polisi Thailand Buru dan Bawa Pulang Buron Narkoba Fredy Pratama

News
| Kamis, 18 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement