Advertisement

Pasca Erupsi, YIA Terus Pantau Pergerakan Angin

Catur Dwi Janati
Senin, 13 Maret 2023 - 17:57 WIB
Arief Junianto
Pasca Erupsi, YIA Terus Pantau Pergerakan Angin Gunung Merapi mengeluarkan awan panas pada Sabtu (11 - 3 / 2023). Dok Twitter @TRCBPBDDYI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pascaerupsi Gunung Merapi, Yogyakarta International Airport (YIA) terus memantau pergerakan angin dan sebaran abu vulkanik di bandara.

Hingga kini belum ada penerbangan domestik maupun internasional yang mengalami perubahan rute di YIA karena erupsi Merapi.

Advertisement

General Manager YIA, Agus Pandu Purnama menerangakan pihaknya terus memantau potensi abu vulkanik di area bandara Adi Sutjipto dan YIA. Dia menjelaskan berdasarkan arah angin, sebaran abu vulkanik tidak terlalu luas.

"Abu vulkanik sejak kemarin kami sudah pantau dari arah angin dan sebarannya itu tidak terlalu luas. Jadi jarak jangkauannya itu tidak terlalu luas," kata dia, Senin (13/3/2023). 

Kendati demikian Pandu menerangkan pemantauan arah angin akan tetap dilakukan pasca erupsi ini. "Kami tetap memantau arah angin. Kalau arah angin ke barat, kita masih aman," ujarnya.

BACA JUGA: Jadwal Kereta Bandara YIA Senin 13 Maret 2023 

Pandu mencatat ada perubahan pergerakan arah angin pasca erupsi Gunung Merapi tepatnya pada Senin pagi. Perubahan arah angin terjadi dari yang semula ke barat daya menjadi ke timur. "Tetapi ke timur itu juga kita aman karena bandara Adi Sutjipto adanya di selatan," jelasnya.

"Insyaallah kalau dilihat dari jarak sebarannya menurut BMKG, karena upper wind-nya  di atas itu dikembalikan anginnya justru ke utara. Jadi pada saat ini muncul kemudian dikembalikan lagi ke utara. Jadi insyallah sebarannya, radiusnya tidak telah besar," tambahnya. 

Lebih lanjut Pandu menegaskan hingga saat ini pengujian paper test di dua bandara yakni YIA maupun Adi Sutjipto nihil abu vulkanik. "Dengan hasil negatif ini penerbangan operasional tetap aman terkendali," lanjutnya.

Pengujian paper test, kata Pandu, bakal dilakukan setiap erupsi terjadi. Observasi tersebut dilakukan untuk memastikan penerbangan di bandara aman. "Setiap ada erupsi pasti kami lakukan paper test. Ini kan sebagai supaya preventif untuk meyakinkan penerbangan aman," tegasnya.

Di sisi lain, Pandu juga menegaskan tidak ada penerbangan yang mengalami perubahan rute atau jalur penerbangan akibat erupsi kali ini. Termasuk rute penerbangan internasional yang disebutkan Pandu aman tidak mengalami gangguan "Tidak ada [perubahan rute] karena di jalur itu tetap aman," ujarnya.

"Kami memang selalu monitor dari penerbang yang datang dan pergi. Ini juga selalu komunikasi dengan AirNav, menginformasikan rute-rute tersebut masih aman," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement