Advertisement

Tenaga Ahli Utama KSP Tegaskan Tol Jogja-Solo Siap Dipakai saat Arus Mudik

Newswire
Kamis, 16 Maret 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Tenaga Ahli Utama KSP Tegaskan Tol Jogja-Solo Siap Dipakai saat Arus Mudik Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Helson Siagian mengatakan Jalan Tol Jogja-Solo siap difungsikan untuk mendukung arus mudik dan balik pada Lebaran 2023.

"Secara fungsional Jalan Tol Jogja-Solo sepanjang enam kilometer siap untuk arus mudik dan balik Lebaran," kata Helson seusai memimpin rapat koordinasi perkembangan pembangunan PSN Jalan Tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen, Kamis (16/3/2023).

Advertisement

Helson mengklaim pembangunan proyek strategis nasional (PSN) Jalan Tol Jogja-Solo dan Jogja -Bawen telah berjalan sesuai target. Untuk jalan Tol Jogja-Bawen, kata Helson, pengerjaan saat ini dilakukan pada seksi satu yakni Jogja-Banyurejo.

Pengerjaannya, kata dia, akan segera dilanjutkan untuk memulai konstruksi (groundbreaking) pada seksi enam yaitu Ambarawa-Bawen. "Pembangunan berjalan simultan dari dua sisi sekaligus," ujarnya.

Helson mengungkapkan bahwa pada rapat koordinasi Kamis ini, PT Jasa Marga Jogja-Bawen melaporkan bahwa pengadaan tanah pada seksi satu (Jogja-Banyurejo) telah mencapai 64%. Sedangkan untuk pekerjaan fisik mencapai 29%.

BACA JUGA: Masuk Peta Tol Jogja YIA, Cagar Budaya di Kulonprogo Akan Dipindah

Sementara pada seksi enam (Ambarawa-Bawen), kata Helson, kontraktor sedang melakukan persiapan konstruksi yang rencananya akan dimulai setelah Lebaran. "Kami sangat optimistis pembangunan PSN Jalan Tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen selesai sesuai target," kata dia.

Helson juga meyakini keberadaan dua ruas jalan tol di DIY dan Jawa Tengah tersebut akan semakin menggerakkan roda perekonomian dan aktivitas pariwisata di wilayah Jogja-Solo-Semarang atau biasa disebut Joglosemar. Wilayah tersebut juga telah menjadi sentra ekonomi kerakyatan dan daerah tujuan wisata di Indonesia.

Jalan Tol -Solo-Jogja-Kulonprogo sepanjang 96,57 km terdiri dari tiga seksi yaitu seksi satu (Kartosura-Purwomartani), seksi dua (Purwomartani-Gamping), dan seksi tiga (Gamping-Purworejo) yang juga akan tersambung ke Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo. Ruas ini dikelola oleh PT Jogjasolo Marga Makmur selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Sementara jalan tol Jogja-Bawen sepanjang 76,3 km terdiri dari enam seksi, yakni seksi satu (Yogyakarta-Banyurejo), seksi dua (Banyurejo-Borobudur), seksi tiga (Borobudur-Magelang), seksi empat (Magelang-Temanggung), seksi lima (Temanggung-Ambarawa), dan seksi enam (Ambarawa-Bawen), dengan pengelolaan di bawah BUJT PT Jasa Marga Jogja Bawen.

Selanjutnya, Jalan Tol Jogja-Solo maupun Jogja -Bawen akan terhubung dengan jaringan Jalan Tol Trans Jawa di Kartasura dan Bawen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement