Advertisement

Istana Tegaskan Tol Jogja Solo Bisa Dilalui untuk Mudik Tahun Ini

Newswire
Jum'at, 17 Maret 2023 - 07:17 WIB
Budi Cahyana
Istana Tegaskan Tol Jogja Solo Bisa Dilalui untuk Mudik Tahun Ini Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kantor Staf Presiden menegaskan Tol Jogja Solo bisa dilewati oleh pengguna jalan pada mudik dan balik tahun ini. Selama periode Lebaran, Tol Jogja Solo akan dibuka fungsional dan digratiskan.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Helson Siagian mengatakan Tol Jogja Solo siap difungsikan untuk mendukung arus mudik dan balik pada Lebaran 2023.

Advertisement

“Secara fungsional Jalan Tol Solo Jogja sepanjang enam kilometer siap untuk arus mudik dan balik Lebaran,” kata Helson seusai memimpin rapat koordinasi perkembangan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Solo-Jogja dan Jogja-Bawen, Kamis (15/3/2023).

Sementara itu, Tol Jogja Bawen akan dibangun secara bersamaan (simultan) dari Sleman dan juga dari Bawen, Jawa Tengah. Pengerjaan fisik tol di wilayah DIY sudah mencapai 29%.

Helson mengatakan konstruksi Tol Jogja Bawen saat ini dikerjakan pada Seksi 1 yakni Jogja-Banyurejo. Proyek ini segera dilanjutkan dengan memulai konstruksi (groundbreaking) pada seksi enam yaitu Ambarawa-Bawen.

“Pembangunan berjalan simultan dari dua sisi sekaligus,” ujar Helson

BACA JUGA: Jadi Masalah, Dua Cagar Budaya Bekas Tambang Mangan di Kulonprogo Masuk Peta Tol Jogja YIA

Helson mengungkapkan pada rapat koordinasi, PT Jasa Marga Jogja-Bawen melaporkan pengadaan tanah pada Seksi 1 (Jogja-Banyurejo) telah mencapai 64%, sedangkan pekerjaan fisik mencapai 29%.

Sementara pada Seksi 6 (Ambarawa-Bawen), kontraktor sedang menyiapkan pengerjaan konstruksi yang rencananya dimulai setelah Lebaran.

“Kami sangat optimistis pembangunan PSN Jalan Tol Solo-Jogja dan Jogja-Bawen selesai sesuai target,” kata dia.

Helson mengklaim pembangunan Proyek Strategis Nasional Tol Jogja Solo dan Jogja Bawen telah berjalan sesuai target. Ia juga meyakini keberadaan dua ruas jalan tol di DIY dan Jawa Tengah tersebut akan semakin menggerakkan roda perekonomian dan aktivitas pariwisata di wilayah Jogja-Solo-Semarang atau biasa disebut Joglosemar. Wilayah tersebut juga telah menjadi sentra ekonomi kerakyatan dan daerah tujuan wisata di Indonesia.

BACA JUGA: Tol Jogja Solo di Ring Road Akan Dibuat Melayang, Tanah dari Monjali ke Barat Diteliti

Jalan Tol Solo-Jogja-Kulonprogo sepanjang 96,57 km terdiri dari tiga seksi yaitu Seksi 1 Kartosura-Purwomartani, Seksi 2 Purwomartani-Gamping, dan Seksi 3 Gamping-Purworejo yang juga akan tersambung ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo. Ruas ini dikelola PT Jogjasolo Marga Makmur selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Sementara, Tol Jogja Bawen sepanjang 76,3 km terdiri dari enam seksi, yakni Seksi 1 Jogja-Banyurejo, Seksi 2 Banyurejo-Borobudur, Seksi 3 Borobudur-Magelang, Seksi 4 Magelang-Temanggung, Seksi Temanggung-Ambarawa, dan SeksiAmbarawa-Bawen, dengan pengelolaan di bawah BUJT PT Jasa Marga Jogja Bawen.

Tol Jogja Solo maupun Jogja Bawen akan terhubung dengan jaringan Tol Trans Jawa di Kartasura dan Bawen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ibadah Haji 2024, DPR Segera Bentuk Pansus untuk Evaluasi

News
| Senin, 17 Juni 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement