Advertisement

Seleksi Ketat! Masjid Agung Bantul Hanya Izinkan Tokoh 2 Ormas Ini Jadi Penceramah

Ujang Hasanudin
Jum'at, 24 Maret 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Seleksi Ketat! Masjid Agung Bantul Hanya Izinkan Tokoh 2 Ormas Ini Jadi Penceramah Masjid Agung Bantul. - Istimewa/Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Takmir Masjid Agung Manunggal Bantul, Saebani menyatakan semua penceramah selama Ramadan tahun ini baik penceramah sebelum tarawih maupun kajian setelah subuh sudah melalui seleksi ketat.

Seleksi penceramah dilakukan supaya isi ceramah tidak bermuatan politik praktis maupun paham yang merusak umat dan dan memecah belah bangsa. “Kami selektif dalam memilih penceramah sejak dulu. Yang boleh mengisi pengajian di Masjid Agung Bantul hanya NU dan Muhammadiyah,” tegasnya, Jumat (24/3/2023).

Advertisement

Saebani mengaku sejauh ini penceramah yang dipilih untuk mengisi pengajian sebelum tarawih, kajian setelah salat subuh dan kajian menjelang buka puasa adalah penceramah yang pahamnya sama dengan organisasi masyarakat (ormas) keagamaan NU dan Muhammadiyah.

BACA JUGA: Tegas! Masjid di Kota Jogja Tolak Kegiatan Politik di Tempat Ibadah

Alasannya karena ia mengklaim hanya Nu dan Muhammadiyah yang selama ini dapat menjaga paham agama sekaligus menjaga persatuan dan kesatuan umat. Saebani tidak menampik banyak penceramah yang meminta untuk mengisi pengajian di Masjid Agung Manunggal Bantul, tetapi tidak diperkenankan. “Ada yang minta, tapi kami keberatan untuk memenuhi. Pertimbangannya takut merusak umat,” ucapnya.

Sejauh yang ia ketahui dari daftar penceramah di Masjid Agung Manunggal Bantul tidak ada anggota partai. Soal nantinya di antara penceramah akan mencalonkan diri menjadi pejabat negara, Saebani tidak mengetahuinya karena saat ini tidak ada penceramah yang diundang terang-terangan akan mencalonkan diri pada pemilu 2024 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Luncurkan Alquran Terjemahan Bahasa Gayo

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement