Advertisement

Anggota Mapala FK UNS Terjatuh di Luweng Braholo Gunungkidul

David Kurniawan
Minggu, 26 Maret 2023 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Anggota Mapala FK UNS Terjatuh di Luweng Braholo Gunungkidul Proses evakuasi seorang mahasiswa asal Fakultas Kedokteran UNS yang terjatuh di Luweng Braholo di Kalurahan Purwodadi, Tepus. Minggu (26/3/2023). - Istimewa/Poslek Tepus

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Noval Bachrul Umum, 22, anggota Perhimpunan Mahasiswa Pencinta Alam (PMPA) Vagus, Fakultas Kedokteran UNS terjatuh di Luweng Braholo di Kalurahan Purwodadi, Tepus, Minggu (26/3/2023) sekitar pukul 10.25 WIB. Hingga berita ini diturunkan korban belum bisa dievakuasi dari dalam luweng.

Kronologi jatuhnya Noval ke luweng bermula saat dia bersama keempat rekannya yang merupakan anggota mapala PMPA Vagus, Fakultas Kedokteran UNS melakukan kegiatan pencinta alam di Luweng Braholo.

Advertisement

Sekitar pukul 09.00 WIB, rombongan sampai di lokasi luweng. Tak berselang lama, korban bersama kedua rekannya memasang tali safety di atas luweng. Selanjutnya, korban berusaha mencari titik ancor untuk memasang tali karmantel untuk menuruni luweng.

Setelah menemukan titik yang dirasa aman, Noval berusaha mengaitkan tali pada sebuah batu. Namun demikian, tiba-tiba korban tergelincir dan terjatuh ke luweng. Tubuh korban sempat tertahan oleh tali karmantel, tetapi karena batu pengait tidak kuat menahan dan ambrol membuatnya jatuh ke dasar luweng.

Pelaksana Harian Kapolsek Tepus, Iptu Ngatimin saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon membenarkan adanya anggota Mapala asal Fakultas Kedokteran UNS yang terjatuh di Luweng Braholo di Kalurahan Purwodadi. “Korban asal Tegal. Noval datang ke lokasi bersama dengan empat temannya,” kata Ngatimin kepada wartawan, Minggu sore.

Dia menjelaskan, kegiatan di Luweng Braholo untuk survei susur gua. Namun demikian, proses survei tidak berjalan lancar karena terjadi kecelakaan tersebut.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui kondisi korban. Tim evakuasi masih berusaha memberikan pertolongan pada korban yang jatuh. “Belum diketahui bagaimana kondisinya karena proses evakuasi masih berlangsung. Setelah kejadian, rekan korban mendatangi Posko SAR di Pantai Siung untuk meminta pertolongan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement