Advertisement

Tol Fungsional Jogja Solo Segera Selesai

Newswire
Senin, 27 Maret 2023 - 16:22 WIB
Budi Cahyana
Tol Fungsional Jogja Solo Segera Selesai Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Tol fungsional Jogja Solo dipastikan selesai sebelum Lebaran tahun ini. Dengan demikian, Tol Jogja Solo dari Kartasura sampai Boyolali sepanjang enam kilometer bisa dilalui untuk arus mudik.

General Manager Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) Muhammad Amin mengatakan bahwa secara fungsional ruas tol tersebut akan dibuka mulai dari Kartasura hingga STA 6 di Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali.

Advertisement

“Pengerjaan terakhir adalah mengupayakan pengurangan timbunan, terus dilakukan pemadatan dengan ruas A dan B sampai di lantai kerja sebelum dicor [setebal] 30 sentimeter,” katanya.

Ia mengatakan sesuai dengan imbauan pemerintah, pengerjaan Tol Jogja Solo sepanjang 6 kimeter ditargetkan dapat selesai sebelum H-7 Lebaran 2023 sehingga saat H-7 ruas tersebut sudah dapat dilewati.

Secara teknis, kendaraan dari arah barat yang akan melewati ruas tol fungsional tersebut keluar terlebih dulu di exit toll Colomadu. Setelah melewati lampu merah, kendaraan kembali masuk ke badan jalan tol arah sawit.

“Fungsionalnya H-7 hingga H+7 Lebaran. Yang H-7 menuju Jogja, sedangkan yang setelah Lebaran dari arah sebaliknya,” katanya.

BACA JUGA: 4 Kilometer Jalan Tol Jogja Solo Sudah Dibeton

Ia mengatakan panjang tol fungsional tersebut 6 km. Ruas tol fungsional tersebut diharapkan bisa memecah kemacetan di pertigaan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, yang biasa dilewati kendaraan dari arah barat baik dari tol maupun tidak menuju ke timur atau ke selatan.

PT JMM juga akan menempatkan petugas di posko yang berada di exit toll Colomadu.

“Petugas disiapkan oleh Jasa Marga, di samping ada posko Lebaran di samping kiri lampu merah. Nanti yang bertugas buka tutup mereka,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, rute Solo menuju Jogja yang menjadi titik kepadatan tertinggi yakni di pertigaan Kartasura.

“Jadi segera kami selesaikan supaya lebih lancar lagi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement