Advertisement

Lahan di Peta Tol Jogja Bawen Bertambah, 7 Kalurahan Diidentifikasi

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 28 Maret 2023 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Lahan di Peta Tol Jogja Bawen Bertambah, 7 Kalurahan Diidentifikasi Pengerjaan konstruksi jalan Tol Jogja Bawen di wilayah Seyegan dan Tempel, Sleman Senin (19/9/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lahan Tol Jogja Bawen bertambah sekitar 18,8 hektare setelah peninjauan ulang desain (review design). Lahan tambahan yang masuk peta tol akan berada di tujuh kalurahan di Sleman yang kini masih diinventarisasi.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Jogja Bawen Muhammad Mustanir mengatakan tujuh kalurahan tersebut meliputi Tirtoadi, Margomulyo, Margokaton, Margodadi, Sumberrejo, Tambakrejo, dan Banyurejo.

Advertisement

“Pengadaan tanah untuk Tol Jogja Bawen di Sleman ada penambahan, karena konstruksinya ada yang bertambah, penetapan lokasinya 29 Desember 2022,” ujarnya, Senin (28/3/2023).

Panitia Pengadaan Tanah Tol Jogja Bawen melakukan inventarisasi dan identifikasi sejak pekan kedua Februari 2023.

“Inventarisasi dan identifikasi terakhir di Kalurahan Banyurejo,” ucapnya.

BACA JUGA: Setelah Dipakai Fungsional di Lebaran, Tol Jogja Solo Resmi Dibuka Tahun Depan

Mustanir mengatakan awalnya lahan di Kabupaten Sleman yang masuk dalam peta Tol Jogja Bawen sekitar 50 hektare, kemudian bertambah menjadi sekitar 70 hektar.

Di peta Tol Jogja Bawen, terdapat tanah Kraton Jogja atau Sultan Ground (SG), tanah kas desa (TKD), dan tanah wakaf.

“Tanah karakteristik khusus sebelum penambahan jumlahnya 52 bidang, luas totalnya 7,4 hektare itu terdiri dari TKD, wakaf dan SG,” katanya.

TKD yang masuk dalam peta Tol Jogja Bawen ada 40 bidang atau 7,08 hektar, Sultan Ground ada empat bidang atau 0,25 hektar, sedangkan tanah wakaf ada delapan bidang atau 0,12 hektar.

Mustanir belum dapat memastikan data terbaru jumlah keseluruhan SG, TKD dan tanah wakaf yang masuk dalam peta Tol Jogja Bawen.

Dia mengatakan kesepakatan penggunaan Sultan Ground dan tanah kas desa untuk Tol Jogja Bawen masih dibicarakan dengan Kraton Jogja. “Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah memohon serat kekancingan,” katanya.

Tol Jogja Bawen adalah satu dari delapan ruas tol yang resmi dibuka pada 2024. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan badan yang dia pimpin menargetkan jalan tol yang akan beroperasi sepanjang 262,41 km pada tahun depan.

BACA JUGA: Jadwal Konsultasi Publik Tol Jogja YIA di Kulonprogo Dirilis Awal April, Butuh Lahan 3 Juta Meter Persegi

Ruas-ruas tol yang akan beroperasi pada tahun 2024 yakni ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 24,9 kilometer (km); ruas tol Padang-Pekanbaru (Bangkinang–Pangkalan) sepanjang 24,7 km; Tol Cinere – Jagorawi (JORR II) seksi 3 sepanjang 2,0 km, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 1 sepanjang 24,67 km, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 3-4 sepanjang 58 km; Tol Serang–Panimbang Seksi 2 sepanjang 24,17 km; Tol Jogja-Solo Paket 1-2 sepanjang 42,37 km; Tol Jogja-Bawen Seksi 1 sepanjang 8,8 km; dan Tol Akses Ibu Kota Negara (IKN) sepanjang 52,8 km.

“Kementerian PUPR bersama mitra kerja dan Badan Usaha Jalan Tol terus melanjutkan pembangunan jalan nasional, khususnya jalan tol, untuk meningkatkan konektivitas,” ujar Kepala BPJT Danang Parikesit dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPR di Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Zulhas Berterima Kasih Kepada Prabowo karena Kursi PAN di DPR Bertambah

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement