Advertisement

Setelah Dipakai Fungsional di Lebaran, Tol Jogja Solo Resmi Dibuka Tahun Depan

Newswire
Selasa, 28 Maret 2023 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Setelah Dipakai Fungsional di Lebaran, Tol Jogja Solo Resmi Dibuka Tahun Depan Proyek Tol Jogja Solo. Tol Jogja Solo akan dibuka mulai tahun depan. - JIBI/Bisnis.com/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTATol Jogja Solo dipastikan dibuka tahun depan setelah sebagian ruasnya dioperasikan secara fungsional untuk arus mudik dan balik pada Lebaran tahun ini.

Tol Jogja Solo adalah satu dari delapan ruas tol yang resmi dibuka pada 2024. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan badan yang dia pimpin menargetkan jalan tol yang akan beroperasi sepanjang 262,41 km pada tahun depan.

Advertisement

Ruas-ruas tol yang akan beroperasi pada tahun 2024 yakni ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 24,9 kilometer (km); ruas tol Padang-Pekanbaru (Bangkinang–Pangkalan) sepanjang 24,7 km; Tol Cinere – Jagorawi (JORR II) seksi 3 sepanjang 2,0 km, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 1 sepanjang 24,67 km, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 3-4 sepanjang 58 km; Tol Serang–Panimbang Seksi 2 sepanjang 24,17 km; Tol Jogja-Solo Paket 1-2 sepanjang 42,37 km; Tol Jogja-Bawen Seksi 1 sepanjang 8,8 km; dan Tol Akses Ibu Kota Negara (IKN) sepanjang 52,8 km.

“Kementerian PUPR bersama mitra kerja dan Badan Usaha Jalan Tol terus melanjutkan pembangunan jalan nasional khususnya jalan tol untuk meningkatkan konektivitas,” ujar Kepala BPJT Danang Parikesit dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPR di Jakarta, Selasa (28/3/2023).

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Dibuka: Arus Mudik dari Solo, Arus Balik dari Arah Jogja

Tol Jogja Solo terbagi dalam tiga seksi. Seksi I dibangun dari Kartasura sampai dengan Purwomartani, Sleman. Seksi I terbagi dari dua paket, yakni Paket 1 Kartasura-Klaten sejauh 22,30 kilometer dan Paket 2 dari Klaten sampai dengan Purwomartani sejauh 20,08 kilometer. Sejauh ini, baru Paket 1 yang dikerjakan. Sementara, Paket 2 dari Klaten-Purwomartani ditargetkan selesai pada akhir 2023.

Dengan demikian, mulai tahun depan Tol Jogja Solo akan dibuka dari Kartasura sampai dengan Purwomartani, Sleman. Tahun ini, Tol Jogja Solo baru sebatas dibuka fungsional pada periode Lebaran. Ruas Tol Jogja Solo yang dibuka fungsional masih sepanjang enam kilometer dari Kartasura sampai dengan Sawit, Boyolali.

Adapun Tol Jogja Solo Seksi II dibangun dari Purwomartani sampai Gamping sepanjang 23,43. Tol ini akan dibangun melayang di atas Ring Road Utara Sleman.

Seksi II juga terbagi dalam dua paket, yakni Paket 1 dari Purwomartani sampai Monjali sejauh 9,43 kilometer dan Paket 2 dari Monjali sampai Gamping sejauh 14 kilometer. Seksi ini akan dibangun terakhir dan ditargetkan selesai pada 2025. Dalam pembangunan Seksi II, ada dua proyek lain yang ditargetkan selesai pada 2024, yakni dari Purwomartani sampai Maguwoharjo sepanjang 3,63 kilometer dan dari Trihanggo hingga Junction Sleman sejauh 3,25 kilometer.

BACA JUGA: Berharap Sewa Sultan Ground untuk Tol Jogja Segera Diputuskan, Sultan: Dibayar Boleh, Enggak Juga Boleh

Seksi III Tol Jogja Solo dibangun dari Gamping sampai Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) sepanjang 30,77 kilometer. Seksi III atau dikenal dengan Tol Jogja YIA ditargetkan selesai pada 2024 dan dibangun dalam dua paket, yakni paket pertama dari Gamping sampai Wates sejauh 17,45 kilometer dan paket kedua dari Wates sampai Bandara YIA sejauh 12,32 kilometer.

Tol Jogja Solo akan terkoneksi dengan jaringan Jalan Tol Trans Jawa melalui akses Colomadu di Kabupaten Karanganyar dan akan menghubungkan tiga bandara sekaligus di Solo, Semarang, dan Kulonprogo.

Di Tol Jogja Solo akan ada sembilan simpang susun (interchange) dan satu persimpangan (junction). Kesembilan simpang susun (SS) tersebut yakni, SS Kartasura, SS Karanganom, SS Klaten, SS Prambanan dan Manisrenggo, SS Purwomartani, SS Gamping, SS Sentolo, SS Wates, dan SS YIA. Adapun satu-satunya junction adalah Junction Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

China Beri Sanksi Produsen Alutsista dan Pesawat AS Lockheed Martin, Ini Alasannya

News
| Selasa, 25 Juni 2024, 02:57 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement