Advertisement

Begini Progres Konstruksi dan Pembebasan Lahan Tol Jogja Bawen

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 30 Maret 2023 - 12:57 WIB
Sunartono
Begini Progres Konstruksi dan Pembebasan Lahan Tol Jogja Bawen Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tahapan pembangunan tol Jogja-Bawen terus diupayakan percepatan baik dari sisi pengerjaan konstruksi yang saat ini sudah berjalan maupun pembebasan lahan.

Direktur Utama Jasamarga Jogja Bawen (JJB) A.J. Dwi Winarsa menyampaikan hingga saat ini pembebasan lahan Tol Jogja-Bawen telah mencapai 64,65%, dan progres konstruksi Seksi 1 Jogja-SS Banyurejo sepanjang 8,8 km telah mencapai 31,30%.

Advertisement

BACA JUGA : Lahan di Peta Tol Jogja Bawen Bertambah, 7 Kalurahan

Setiap tahapan pekerjaan konstruksi terus diupayakan percepatan dengan tetap mengedepankan kualitas dan meminimalisasi dampak lingkungan sekitar. Selain itu pembangunan jalan tol akan tetap memperhatikan aspek historis dari Kraton Jogja dan situs cagar budaya dan purbakala yang berada di wilayah DIY.

“Dari sisi penghijauan diharapkan Jalan Tol Jogja-Bawen ini bisa mempunyai beautifikasi jalan tol yang indah sehingga nyaman dilewati pengguna jalan," katanya, Kamis (30/3/2023).

Dia menyampaikan pemanfaatan tanah Sultan Ground (SG) dan Tanah Kas Desa untuk Tol Jogja-Bawen telah berdasarkan Surat Tanggapan Permohonan Pelepasan Tanah Desa yang dikeluarkan Kraton Jogja pada 17 Desember 2022.

BACA JUGA : Tol Jogja Bawen Terdiri dari Enam Seksi dan Dibangun

"Berdasarkan surat tersebut [Tanah SG dan TKD] dapat digunakan untuk pembangunan Jalan Tol Jogja-Bawen, tanpa harus pelepasan, penggunaan tanah tersebut dapat digunakan dengan memberikan hak pakai melalui perjanjian para pihak," katanya.

Lebih lanjut, Dwi menyampaikan terkait izin lingkungan pembangunan Jalan Tol Jogja-Bawen, Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) telah menerbitkan izin lingkungan melalui SK No. SK.251/MENLHK/SETJEN/PLA.0/3/2022 tentang Kelayakan Lingkungan Hidup Kegiatan Pembangunan Jalan Tol Jogja-Bawen di DIY dan Jawa Tengah.

Jalan Tol Jogja-Bawen termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan infrastruktur. “Jika sudah beroperasi penuh, perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta atau sebaliknya akan menjadi lebih cepat, dari sebelumnya memakan waktu 3 jam menjadi hanya 1,5 jam," katanya.

BACA JUGA : Terbaru, Ini Tahapan Lengkap Proyek Tol Jogja Solo

Ia berharap pembangunan jalan tol ini dapat melancarkan distribusi barang dan jasa, pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas di selatan pulau Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jaksa Ungkap Ada Uang Rp2,01 Miliar dari SYL ke Rekening Penitipan KPK

News
| Selasa, 25 Juni 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement