Advertisement

Awan Panas Merapi Kembali Muncul, Hari Ini Mengarah ke Kali Bebeng

Lugas Subarkah
Jum'at, 31 Maret 2023 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Awan Panas Merapi Kembali Muncul, Hari Ini Mengarah ke Kali Bebeng Pengamatan visual BPPTKG menunjukkan adanya guguran awan panas Gunung Merpai, Jumat (31/3/2023) - Istimewa/BPPTKG

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Guguran awan panas kembali teramati di puncak Gunung Merapi, Jumat (31/3/2023) pagi. Kemunculan awan panas sudah terjadi dari sehari sebelumnya, dibarengi dengan sejumlah guguran lava.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santoso, menjelaskan awan panas terjadi pada pukul 07.45 WIB. “Dengan amplitudo 50 mm, durasi 120 detik, jarak luncur 1.100 meter ke arah sungai Bebeng atau barat daya,” ujarnya.

Advertisement

Dalam periode pengamatan yang sama, terjadi pula guguran lava sebanyak 15 Kali dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter ke arah yang sama. Suara guguran terdengar satu kali dengan intensitas sedang dari Pos Babadan.

BACA JUGA: Merapi Belum Mereda, Awan Panas Kembali Meluncur

Guguran awan panas sudah muncul sejak sehari sebelumnya, Kamis (30/3/2023), sebanyak dua kali yakni pukul 15.22 dan 18.04 WIB. Pada hari tersebut juga terjadi guguran lava dengan jumlah total selama 24 jam sebanyak 51 kali dengan jarak luncur maksimal 1.800 meter ke arah barat daya.

Berdasarkan tingkat aktivitas tersebut, status Gunung Merapi saat ini masih Siaga. Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km.

Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

10 Orang Tewas Usai Dua Helikopter Militer Malaysia Tabrakan, Berikut Kronologinya

News
| Selasa, 23 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement