Advertisement

Merapi Belum Mereda, Awan Panas Kembali Meluncur

Lugas Subarkah
Kamis, 30 Maret 2023 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Merapi Belum Mereda, Awan Panas Kembali Meluncur Pengamatan visual BPPTKG menunjukkan guguran awan panas Gunung Merapi pada Kamis (30/3/2023) - Ist BPPTKG

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Gunung Merapi kembali meluncurkan satu awan panas pada Kamis (30/3/2023) sore. Kemunculan awan panas kembali terjadi setelah beberapa hari terakhir tidak teramati.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santoso, menjelaskan awan panas terjadi pada pukul 15.22 WIB “jarak luncur 1.000 meter ke arah Kali Boyong,” ujarnya.

Advertisement

Awan panas ke arah barat daya ini bersumber dari kubah lava barat daya, yang telah mengeluarkan sejumlah guguran terutama sejak 11 Maret 2023. Berdasarkan pengamatan terakhir, kubah lava ini memiliki volume sebesar 1.686.200 meter kubik.

Awan panas terakhir terjadi pada 17 Maret 2023, dengan jarak luncur 1.300 meter ke arah Kali Bebeng. Meski demikian guguran lava pijar masih terus terjadi hampir setiap hari. Pada Rabu (29/3/2023), teramati sebanyak 18 guguran lava ke arah barat daya.

Status Gunung Merapi saat ini masih Siaga. Potensi bahaya berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km.

BACA JUGA: 165.200 Tiket Mudik Lebaran KA Daop 6 Jogja Habis Terjual

Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km. Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya dan mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Merapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement