Advertisement

Ini Daftar Sejumlah Jalan Provinsi di DIY yang Diperbaiki Jelang Lebaran

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 03 April 2023 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Ini Daftar Sejumlah Jalan Provinsi di DIY yang Diperbaiki Jelang Lebaran Ilustrasi perbaikan jalan. - Pixabay/Joshua Woroniecki

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Menjelang Lebaran tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY melakukan pemeliharaan rutin sejumlah ruas jalan provinsi terutama jalan yang diproyeksikan dilalui sebagai jalur mudik dan jalur wisata. 

Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Bidang Bina Marga Dinas PUP ESDM DIY Wira Sasongko Putro menyampaikan menjelang arus mudik tahun ini, pemeliharaan rutin jalan provinsi tengah diupayakan. 

Advertisement

“Menjelang lebaran ini kami berusaha seluruh jalan provinsi dapat kami tangani untuk mengakomodasi pergerakan masyarakat saat arus mudik dan kegiatan pariwisata saat libur Lebaran,” katanya, Senin (3/4/2023). 

Dinas PUP ESDM memprioritaskan sejumlah ruas jalan yang berpotensi menjadi jalur arus mudik dan menuju kawasan wisata. “Setiap harinya sudah dilakukan perbaikan campuran aspal panas, harapan kami H-7 sebelum Lebaran sudah bisa terkondisi seluruhnya,” kata dia.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUP ESDM DIY, Kwaryantini Ampeyanti Putri pemeliharaa jalan antara lain dilakukan di jalan-jalan berlubang. “Kami lakukan pemeliharaan rutin di semua ruas jalan provinsi, terutama jalur-jalur  yang menuju tempat wisata, antara lain dengan penutupan lubang dan retakan-retakan di perkerasan jalan, memeriksa ruas jalan yang rawan longsor, pembersihan saluran, serta menyiapkan rambu-rambu,” katanya. 

BACA JUGA: Naik Travel dari Giwangan, Seorang Pemudik Dirampok, Disekap dan Dibuang di Kulonprogo

Pemeliharaan ruas jalan provinsi di Kabupaten Sleman yakni pada ruas Jalan Jogja- Demak Ijo - Kebonagung 1, Jogja- Pakem - Kaliurang, Klangon - Tempel, Jogja- Pulowatu, dan Prambanan - Piyungan. 

Kemudian di Kabupaten Bantul pada ruas Jalan Jogja- Bakulan, Patuk - Terong, Jogja- Barongan, Barongan - Bibal Palbapang - Srandakan, Jogja-Barongan, dan Imogiri - Mangunan - Dodogan.

Untuk ruas jalan di Kabupaten Kulonprogo yakni di Jalan Brosot - Toyan, Sentolo - Nanggulan - Dekso - Klangon, Nanggulan - Tegalsari, Dekso - Samigaluh - Pagerharjo, Sentolo - Pengasih - Sermo, Milir - Dayakan, dan Karangnongko - Nagung.

Sementara untuk ruas jalan di Gunungkidul yakni Jalan Wonosari - Mulo, Mulo - Baron, Mulo - Tepus, Baron - Tepus, Bibal - Panggang, Legundi - Panggang, Karangmojo - Semin, Wonosari - Karangmojo, serta Gading - Playen - Paliyan - Saptosari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement