Advertisement

Pemkot: Warga Jogja Lebih Suka Kerja Informal

Anisatul Umah
Selasa, 04 April 2023 - 16:07 WIB
Bhekti Suryani
Pemkot: Warga Jogja Lebih Suka Kerja Informal Ilustrasi pekerjaan informal - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPemerintah Kota (Pemkot) Jogja menyebut di sektor pekerjaan warga Jogja lebih suka pada pekerjaan-pekerjaan kreatif, sehingga berbeda dengan daerah lain yang lebih ke industrialisasi atau pekerjaan formal.

Hal tersebut disampaikan Sekda Kota Jogja, Aman Yuriadijaya saat menerima kedatangan tim Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di Kantor Wali Kota Jogja, Selasa (4/4/2023). Menurutnya industri yang ada di Jogja kebanyakan skala rumah tangga.

"Karena karakter itulah, kerja kreatif masyarakat orientasinya ke pekerjaan informal. Membuat Kota Jogja kesulitan pembukaan lapangan kerja. Sehingga yang kami dorong wirausaha," katanya.

Advertisement

Oleh karena itu, ketersediaan coworking space di Kota Jogja terus digenjot. Saat ini, kata Sekda, sudah banyak coworking space, ruang terbuka yang sesuai dengan karakter mandiri dan informal. Sehingga jika Jogja dibaca terkait dengan penyediaan lapangan kerja, industri besar tidak ada.  

"Jogja ini bahkan banyak yang pekerja kreatif skala internasional, tapi kerja di rumah pakai celana pendek, sarungan, ini yang banyak terjadi. Tidak ada kantor, tidak ada outlet, tapi di situ mengendalikan banyak proses," jelasnya.

Industri kreatif ini menurutnya menjadi kekuatan, didukung dengan karakter pendidikan dan karakter anak muda. Dilihat dari sisi pekerjaan cukup sulit didata karena industrinya rumahan.

BACA JUGA: Waduh...Honorer Pemkab Bantul Tidak Dapat THR

"Sudah didirikan Pusat Desain Industri Nasional (PDIN), tempat nongkrong orang yang kerjamandiri. Ini kami siapkan tempat nongkrong dengan berbagi fasilitas yang ada," tuturnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan upaya Pemkot menggenjot sektor pekerjaan adalah dengan mengkontekstualisasikan, sehingga ada korelasi dengan kepentingan masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement