Advertisement

Sasar Pekerja Informal di Desa/Kalurahan, BP Jamsostek Andalkan Babhinkamtibmas

Abdul Hamied Razak
Kamis, 23 Maret 2023 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Sasar Pekerja Informal di Desa/Kalurahan, BP Jamsostek Andalkan Babhinkamtibmas Puluhan petugas Bhabibkamtibmas Kota Jogja berfoto bersama di sela-sela sosialisasi program BPJamsostek, Selasa (21/3/2023). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 45% pekerja di Indonesia berada di desa dan kelurahan. BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) menargetkan sebanyak mungkin perlindungan kepada pekerja yang berada di pedesaan dan kelurahan.

Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Jogja, Teguh Wiyono mengatakan sekitar 45% pekerja di Indonesia berada di desa/kalurahan. Untuk meningkatkan kepesertaan perlindungan sosial ketenagakerjaan, pihaknya menggandeng para aparat Bhabinkamtibmas agar dapat menyasar pekerja di desa dan kalurahan.

Advertisement

"Para pekerja yang berada di pedesaan atau kalurahan, pada umumnya termasuk dalam segmen pekerja informal atau pekerja bukan penerima upah. Mereka membutuhkan perlindungan sosial ketenagakerjaan," katanya, Kamis (23/3/2023).

Untuk itu, sebagai langkah awal, BPJamsostek Jogja menyosialisasikan kepada seluruh aparat Babhinkamtibmas di aula Polresta Jogja, Selasa (21/3/2023).

BACA JUGA: BPJS Kesehatan Jamin Iuran Tidak Naik Sampai 2024

Kerja sama ini, lanjutnya, merupakan implementasi atas intruksi pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan pekerja dan keluarganya dalam bidang jaminan sosial ketengakerjaan.

Teguh berharap kerja sama tersebut menjadi langkah awal untuk Bhabinkamtibmas mewujudkan kepedulian dan keselamatan terhadap para pekerja disekitarnya sehingga manfaat program BPJS Ketenagakerjaan tercipta secara universal coverage. Dengan demikian, pekerja dapat bekerja keras bebas cemas.

Kapolresta Jogja, Kombes Pol Saiful Anwar menyambut baik kerja sama yang dilakukan antara Polresta Jogja dengan BPJamsostek.

Sosialisasi diberikan agar seluruh Bhabinkamtibmas di wilayah Jogja bisa mengetahui dan memahami mengenai manfaat program BPJS Ketenagakerjaan. "Salah satu tugas Bhabinkamtibmas adalah ikut mendukung program pemerintah, salah satunya program BPJamsostek ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement