Advertisement

5,8 Juta Pemudik Bakal Masuk DIY, Sultan Minta Kabupaten dan Kota Bersiap

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 05 April 2023 - 06:57 WIB
Sunartono
5,8 Juta Pemudik Bakal Masuk DIY, Sultan Minta Kabupaten dan Kota Bersiap Gubernur DIY Sri Sultan HB X - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Selama lebaran 2023, diperkirakan ada 5,8 juta pemudik memasuki wilayah DIY. Dengan dibukanya tol Jogja-Solo ruas Kartasura-STA 6 sepanjang 6 km diperkirakan akan berpotensi menimbulkan kemacetan. 

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyampaikan dengan adanya prediksi jumlah pemudik yang memasuki wilayah DIY, entah DIY menjadi tujuan pemudik atau hanya dilewati pemudik, perlu mendapat perhatian. “Ini berhenti atau tidak [di DIY], tapi pasti lewat [sehingga harus diantisipasi],” katanya, Selasa (4/4/2023). 

Advertisement

Sultan menyampaikan pengaturan dan perkiraan jumlah pemudik yang memasuki kabupaten/kota di DIY pun diserahkan ke setiap wilayah. Sehingga kabupaten dan kota diminta untuk melakukan persiapan. “Ya terserah kabupaten, [penanganannya] didatangi berapa orang, biar pun itu bisa double [perhitungannya],” katanya. 

BACA JUGA : 112 Kilometer JJLS di DIY Siap Dilalui untuk Mudik Lebaran

Kepala Dishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menyampaikan dengan dibukanya ruas tol tersebut, diperkirakan arus lalu lintas dari arah Timur akan padat. Untuk itu pihaknya membuka posko statis di Prambanan. 

“Posko kami ada di Prambanan. Terus terang dengan adanya tol itu arus yang dari timur sangat banyak,” ucapnya. 

Menurut Ni Made, dengan posko tersebut diharapkan dapat mengurai kepadatan lalu lintas di wilayah tersebut. Untuk memecah kepadatan lalu lintas, Dishub DIY juga telah berkoordinasi dengan Dishub kabupaten/kota. 

Sejumlah ruas jalan nasional yang minim penerangan pun mendapat perhatian dari Dishub DIY. Untuk ruas jalan ringroad yang berbatasan dengan Kabupaten Sleman, menjelang arus mudik lebaran 2023, Dishub DIY telah berkoordinasi untuk dapat melakukan pinjam pakai penerangan jalan dengan Pemda Sleman. 

“Nanti kemudian dilakukan pengadaan lagi oleh Balai Pengelola Transportasi Darat [BPTD], tapi kami tidak menjanjikan ini terang semua, karena keterbatasan support, kami melihat jalan yang sangat rawan dan strategis,” katanya. 

BACA JUGA : Ini Jalur Alternatif di Sleman Saat Mudik Lebaran 2023

Selain itu, untuk mengurai kepadatan lalu lintas, Dishub DIY juga melakukan rekayasa lalu lintas dengan menggunakan Area Traffic Control System [ATCS]. Dishub DIY pun memperkirakan dari 5,8 juta pemudik yang memasuki wilayah DIY, sebagian besar didominasi kendaraan pribadi, dengan perkiraan 1,2 juta orang atau 20,3 persen menggunakan sepeda motor, dan 1,3 juta orang atau 22,07 persen menggunakan mobil. 

Diperkirakan dengan adanya kelonggaran PPKM dan menurunya Covid-19, terjadi peningkatan jumlah pemudik. Jumlah pemudik yang memasuki wilayah DIY tahun ini lebih banyak sekitar 1,9 juta orang dari sebelumnya 3,9 juta pemudik tahun 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement