Advertisement

112 Kilometer JJLS di DIY Siap Dilalui untuk Mudik Lebaran

Triyo Handoko
Senin, 03 April 2023 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
112 Kilometer JJLS di DIY Siap Dilalui untuk Mudik Lebaran Seorang pengendara motor saat melintas di JJLS yang berada di kawasan Kapanewon Rongkop. foto diambil 6 Januari 2022 lalu. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAJaringan Jalan Lingkar Selatan (JJLS) di DIY sepanjang 112 kilometer siap dilewati saat mudik Lebaran 2023. Meskipun JJLS di DIY belum sepenuhnya tersambung, namun sebagian besar sudah bisa dilewati.

Direktur Pembangunan Jalan, Ditjen Bina Marga Satrio Sugeng Prayitno menjelaskan JJLS di DIY bisa jadi alternatif bagi para pemudik. “Sudah dibukanya Jembatan Kretek 2 dapat menjadi alternatif bagi pemudik menuju jalur lintas selatan Jawa,” katanya dalam rilis.

Advertisement

Tak hanya untuk pemudik, jelas Satrio, JJLS di DIY juga untuk mendukung konektivitas bagi wisatawan yang ingin berlibur di selatan Jawa saat Lebaran. Pejabat Pembuat Komitmen Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY Rokhmad Purnomo membenarkan hal tersebut.

“Update terbaru dan koordinasi terakhir memang sudah sekitar 112 kilometer JJLS sudah bisa dilewati saat mudik nanti, tapi memang belum terhubung sepenuhnya,” kata Rokhmad Purnomo, Senin (3/4/2023).

BACA JUGA: Naik Travel dari Giwangan, Seorang Pemudik Dirampok, Disekap dan Dibuang di Kulonprogo

Rokhmad menjelaskan sepanjang 112 kilometer JJLS tersebut membentang dari Kulonprogo, Bantul, dan Gunungkidul. “Karena belum terhubung sepenuhnya, kami akan lengkapi tambahan rambu-rambunya agar memudahkan pemudik,” jelasnya.

Penambahan rambu lalu lintas di JJLS, jelas Rokhmad, sedang dalam pendataan. “Sebagian juga sudah mulai dipasang, ini agar pemudik tidak tersesat dan menjaga keselamatan dan keamanan juga,” ujarnya.

Selain rambu-rambu, lanjut Rokhmad, lapu penerang jalan juga sudah dipasang. “Tapi sepertinya belum merata, sehingga untuk yang melewati JJLS nanti di malam hari juga harus dipastikan lampu kendaraan menyala berfungsi normal,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement