Advertisement

Usai Ditinjau Bupati Sleman Tidak Ada Tindak Lanjut, Warga Patungan Perbaiki Jalan Evakuasi Merapi

Lugas Subarkah
Senin, 10 April 2023 - 14:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Usai Ditinjau Bupati Sleman Tidak Ada Tindak Lanjut, Warga Patungan Perbaiki Jalan Evakuasi Merapi Warga menambal jalan jalur evakuasi, di Kalurahan Glagaharjo, Cangkringan, Sabtu (8/4/2023) - ist warga

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–Warga Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan secara swadaya memperbaiki jalan yang rusak di jalur evakuasi Merapi. Hal ini dilakukan lantaran Pemkab Sleman tak kunjung bergerak walau sudah sering dilaporkan warga.

Ketua Komunitas Siaga Merapi (KSM) Glagaharjo, Cangkringan, Rambat Wahyudi, menjelaskan perbaikan jalan tersebut dilakukan pada Jumat dan Sabtu (7-8/4/2023), sepanjang 4 km dari Dusun Singlar hingga bukit Klangon.

Advertisement

BACA JUGA: Terlalu Sempit, Jalur Evakuasi Turgo Dilebarkan Jadi 6 Meter

Untuk perbaikan jalan tersebut, warga patungan dan menghabiskan biaya sampai Rp100 juga. Warga berinisiatif untuk memperbaiki jalan tersebut karena selama ini tidak ada tindakan dari Pemkab Sleman. "Sudah dari 2010 tidak tersentuh perbaikan," ujarnya, Senin (10/4/2023).

Jalur evakuasi tersebut juga sempat ditinjau oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo pasca terjadinya erupsi cukup besar pada awal Maret lalu dan dinyatakan butuh perbaikan. "Tapi sampai sekarang tidak ada tindak lanjut," kayanya.

BACA JUGA: Merapi Bergejolak, Barak Pengungsian Mulai Disiapkan

Selain dari tinjauan Bupati, warga juga menyebutkan telah berupaya mengusulkan perbaikan jalan tersebut melalui kanal-kanal yang tersedia, seperti lewat aplikasi Lapor Sleman dan lewat DPRD Sleman.

"Tapi karena tak kunjung diperbaiki maka inisiatif warga di KRB [Kawasan Rawan Bencana] III, langsung swadaya untuk menambal jalan tersebut. Warga patungan hampir Rp100 juta untuk perbaikan itu," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Deras dan Angin Kencang Hari Ini

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement