Advertisement

Jelang Lebaran Kriminalitas Naik, Warga Diminta Pasang CCTV

Yosef Leon
Selasa, 11 April 2023 - 18:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Jelang Lebaran Kriminalitas Naik, Warga Diminta Pasang CCTV Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL– Polres Bantul mengimbau masyarakat untuk mewaspadai aksi kriminalitas menjelang Lebaran. Masyarakat diminta tidak lengah dan membuat celah agar tindakan kejahatan terjadi dan diminta memasang CCTV.

Kepala Seksi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, kejahatan menjelang Lebaran biasanya mengalami peningkatan. Itu dikarenakan kebutuhan ekonomi masyarakat yang semakin meningkat. "Menjelang lebaran, waspadai aksi kejahatan seperti penipuan dan pencurian," katanya, Selasa (11/4/2023).

Advertisement

Jeffry mengungkapkan, selama Maret 2023, di wilayah Bantul telah terjadi 28 kasus pencurian dan 10 kasus penipuan. “Sementara di awal bulan April saja [hingga tanggal 10 April], telah terjadi 12 kasus pencurian dan 4 kasus penipuan,” katanya.

Untuk mengantisiapsi terjadinya kasus pencurian, mantan Kasi Humas Polres Kulonprogo ini juga mengimbau warga untuk memasang kamera CCTV. “Jika perlu pasang CCTV, untuk membantu mencegah sekaligus mengetahui pelaku jika terjadi pencurian,” ujarnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu mengaktifkan kembali Pos Keamanan Keliling atau Pos Kamling selama Ramadan ini. Pengaktifan Pos Kamling selain berguna menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) lingkungan kompleks perumahan juga bisa mengantisipasi adanya pelaku kejahatan yang hendak beraksi di pemukiman warga.

Polisi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai modus penipuan berkedok undian maupun tagihan tertentu pada saat momen menjelang lebaran. Masyarakat diminta melakukan pengecekan terlebih dahulu apabila menerima pesan singkat maupun telepon dari orang yang mengatasnamakan lembaga tertentu dan hendak menjanjikan sesuatu.

"Kami mengimbau masyarakat selalu waspada terhadap aksi penipuan melalui transaksi elektronik," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement