Advertisement

Amankan Lebaran, Ini Dia Titik Sebaran Tugas Personel Basarnas Jogja

Yosef Leon
Rabu, 12 April 2023 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Amankan Lebaran, Ini Dia Titik Sebaran Tugas Personel Basarnas Jogja Ilustrasi aktivitas Tim SAR. - Istimewa/SAR DIY Distrik Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jogja menetapkan masa siaga Lebaran mulai tanggal 12 April-3 Mei 2023 untuk mengamankan hari besar keagamaan dan masa libur panjang wisatawan.

Sejumlah personel disiagakan di objek wisata pantai untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengunjung selama libur. 

Advertisement

Humas Basarnas Jogja, Pipit Eriyanto menjelaskan, pelaksanaan siaga SAR akan dimulai sejak 14 April dan berakhir pada 3 Mei mendatang. Dua hari sebelum operasi khusus dimulai petugas akan fokus pada pengecekan peralatan dan kelengkapan personel. Kemudian sehari setelah operasi Lebaran usai, dilakukan untuk evaluasi dan penutupan operasi. 

"Petugas akan diterjunkan ke Pantai Parangtritis dan Pantai Indrayanti. Kemudian juga stasiun, bandara dan terminal," katanya Rabu (12/4/2023). 

Pipit menerangkan, pada 15-16 April atau sebelum Lebaran petugas akan memantau pergerakan pemudik di Tempel-Stasiun Tugu dam Stasiun Lempuyangan secara mobile. Setelah Lebaran, petugas kembali patroli di Stasiun Tugu-Stasisun Lempuyangan dan Bandara Adisutjipto pada 23 April-1 Mei. 

"Kami juga mendirikan posko di perempatan Pelem Gurih Gamping, Pantai Parangtritis, dan di Pantai Indrayanti," katanya. 

Komandan SAR DIY Distrik, Bantul Bondan Supriyanto menambahkan pihaknya menyiagakan tiga armada yang nantinya digunakan untuk berpatroli keliling dalam mengamankan masa Lebaran.

BACA JUGA: 4 Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Parangtritis

Armada pertama nantinya akan siaga di pos Pleret dengan wilayah operasi di sisi timur sampai Jalan Cinomati, selatan sampai Pucung Imogiri, barat di Jalan Pleret sampai perempatan Stadion Sultan Agung (SSA) dan utara di Jalan Pleret sampai perempatan Wiyoro. 

Armada kedua akan siaga di Posko Pasar Barongan dengan wilayah operasi sisi timur sampai Jalan Imogiri Mangunan Bukit Bego, sisi selatan Jalan Imogiri Siluk, Pundong, Canden dan Posko.

Kemudian arah barat dari Posko sampai ke Perempatan Jalan Parangtris Waeden, Perempatan Paker. Dan arah utara di Jalan Imogiri Barat sampai perempatan SSA.

"Kemudian armada ketiga akan siaga di Pos perempatan Grojogan, semua personel sudah siap dan akan apel terakhir pada Kamis besok," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tersandung Kasus Narkoba & Pembunuhan, 168 WNI Terancam Hukuman Mati di Luar Negeri, Terbanyak di Malaysia

News
| Sabtu, 30 September 2023, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Di Coober Pedy, Penduduk Tinggal dan Beribadah di Bawah Tanah

Wisata
| Kamis, 28 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement