Advertisement

Mudik Lebaran 2023, Dishub DIY Siapkan Rekayasa Arus Lalu Lintas di Jalur Wisata

Triyo Handoko
Kamis, 13 April 2023 - 22:27 WIB
Sunartono
Mudik Lebaran 2023, Dishub DIY Siapkan Rekayasa Arus Lalu Lintas di Jalur Wisata Ilustrasi. - Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan (Dishub) DIY memprediksi arus lalu lintas objek wisata selama libur Lebaran 2023 akan meningkat pesat. Peningkatan tersebut tak kalah dengan arus mudik Lebaran 2022, sehingga rekayasa lalu lintas terutama di sisi selatan DIY akan dilakukan.

Dishub DIY memprediksi wilayah yang akan tinggi arus lalu lintas wisatawannya adalah Gunungkidul dan Bantul. Berbagai upaya akan dilakukan DIshub DIY untuk memastikan keamanan dan kenyamanan lalu lintas wisatawan tersebut.

Advertisement

Kepala Dishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menjelaskan penjagaan akan diperketat di jalur wisata selama libur Lebaran 2023. “Posko akan kami bangun di beberapa titik, seperti di Pantai Baron, Pantai Parangtritis, dan Kawasan Mangunan,” jelasnya, Kamis (13/4/2023).

BACA JUGA : Empat Rekomendasi Objek Wisata Murah-Meriah di Jogja

Made juga sudah berkoordinasi untuk mengatasi lonjakan arus lalu lintas wisatawan tersebut. “Kami sudah koordinasi dengan Pemkab terkait ini, termasuk kepolisian juga agar membantu di titik padat wisatawan,” katanya.

Sebanyak 103 personil Dishub DIY juga akan dikerahkan selama libur Lebaran 2023 untuk menjaga arus lalu lintas wisatawan. “Rekayasa lalu lintas akan bersifat kondisional, tapi dari pengalaman sebelumnya, Kawasan Mangunan jelas akan kami rekayasa karena padat dan karakteristik jalurnya juga rawan,” ujarnya.

Peta jalur selama libur Lebaran 2023, jelas Made, juga sudah disiapkan pihaknya. “Peta tersebut sudah ada, sudah kami didesiminasikan ke sektor lain terutama Diskominfo untuk membantu menyebarkannya ke masyarakat,” ucapnya.

Made meminta masyarakat yang akan berlibur pada Lebaran 2023 ini agar menaati petugas lapangan. “Karena rekayasa jalurnya situasional mengikuti kondisi maka kami minta mengikuti arahan petugas lapangan dengan baik semata-mata untuk kenyamanan dan keamanan bersama,” tegasnya.

Kepala Diskominfo DIY Hari Edi Tri Wahyu Nugroho menyebut akan memanfaatkan segala jenis kanal informasi untuk memberikan edukasi ke masyarakat terkait arus mudik dan wisatawan selama Lebaran 2023. “Dari media sosial, website, televisi, campai CCTV sudah kami siapkan dengan baik dan bisa dipantau masyarakat luas,” katanya.

BACA JUGA : 6,6 Juta Wisatawan Ditargetkan Masuk ke Jogja Tahun Ini

Seluruh jalur penting dan objek wisata favorite, jelas Hari, sudah dilengkapi CCTV yang bisa dipantau masyarakat dengan baik. “Kami juga menyiapkan form online aduan masyarakat terkait mudik dan lebaran ini, kalau mau lebih praktis kami ada satu aplikasi yang bisa memantau semua informasi dengan baik lewat Jogja Istimewa yang bisa dipantau dari satu genggaman,” jelasnya.

Hari menjamin layanan informasi pada mudik Lebaran 2023 dipastikan mudah diakses. “Kemudahan akses informasi ini diharapkan dimanfaatkan masyarakat agar semuanya nyaman dan aman dalam Lebaran 2023 ini,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement