Advertisement

Sambut Wisatawan di Libur Lebaran 2023, Pengelola Wisata Diminta Bersiap

Catur Dwi Janati
Kamis, 13 April 2023 - 13:07 WIB
Sunartono
Sambut Wisatawan di Libur Lebaran 2023, Pengelola Wisata Diminta Bersiap Suasana objek wisata Tebing Breksi saat libur Imlek pada Minggu (14/2/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pariwisata Sleman mengajak para pelaku wisata untuk bersiap, salah satunya dengan membersihkan destinasi wisata dalam menyambut libur lebaran yang kian dekat. Mengusung tema Reresik Papan Plesiran, Dayohe Krasan, Rejekine Mapan Dinpar mengajak pengelola wisata maupun desa wisata mulai berbenah menyambut lebaran.

Sejumlah karyawan dan tenaga lapangan Dinpar Sleman diterjunkan ke destinasi wisata untuk melakukan bebersih objek wisata. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid berharap tindakan ini dapat memicu para pengelola objek wisata untuk melakukan kegiatan serupa.

Advertisement

BACA JUGA : 5,9 Juta Wisatawan Diprediksi Kunjungi DIY di Libur Lebaran

"Harapannya aksi ini akan menstimulasi para pengelola destinasi di berbagai lokasi di Sleman yang dikelola oleh masyarakat maupun swasta, dapat secara rutin melakukan hal yang serupa," katanya saat melepas aksi kerja bakti di destinasi wisata di kawasan lereng Merapi pada Rabu (12/4/2023).

Ishadi mengatakan gerakan kerja bakti di destinasi wisata melibatkan karyawan-karyawati dan petugas lapangan Dinpar Sleman untuk mengajak dan menumbuhkan kesadaran gerakan kebersihan di destinasi wisata. Kesadaran melakukan gerakan kebersihan secara swakarsa oleh para pengelola destinasi, Pokdarwis, para pedagang dan pelaku usaha jasa wisata maupun masyarakat yang berada di kawasan destinasi wisata.

"Bahwa untuk mewujudkan kebersihan lingkungan destinasi wisata merupakan tanggung jawab bersama dan tidak bisa dibebankan pada salah satu pihak. Bahkan wisatawan sendiri juga seharusnya turut serta menjaga kebersihan lingkungan destinasi wisata diantaranya dengan tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Di sisi lain kampanye Gerakan Jumat Bersih yang telah diinisiasi selama ini menurut Ishadi juga tetap harus dilakukan secara terus menerus atau simultan. Namun untuk kali ini pelaksanaanya dilakukan lebih awal mengingat akan dilaksanakan Pasar Takjil Kaliurang #2 akan digelar pada tanggal 14 - 19 April 2023. Dalam gelaran tersebut nantinya akan ada 27 stan UMKM dan pelaku pariwisata Kaliurang yang ikut berpartisipasi.

"Pasar Takjil Kaliurang #2 merupakan event kerjasama antara Dinpar Sleman, pelaku pariwisata dan UMKM Hargobinangun dalam upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan khususnya ke kawasan Kaliurang dan sekitarnya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement