Advertisement

Hati-Hati! Masih Banyak Jalan di Kulonprogo yang Gelap, Ini Sebaran Titiknya

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 13 April 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Hati-Hati! Masih Banyak Jalan di Kulonprogo yang Gelap, Ini Sebaran Titiknya Ilustrasi. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo mengakui bahwa persebaran lampu penerangan jalan umum (LPJU) di Kulonprogo belum merata. Masih ada beberapa titik yang minim penerangan seperti di kawasan perbukitan.

Kepala UPT Pengelolaan Penerangan Jalan, Dishub Kulonprogo, Iswanta mengatakan bahwa penerangan jalan di Kulonprogo masih mencapai 20% dari total kebutuhan.

Advertisement

“Dari Ngeplang [Sentolo] sampai Klangon, Muntilan atau pas perbatasan itu juga masih kurang penerangan. Tetapi ya sudah lumayan lah. Lalu jalur dari Toyan sampai Brosot juga ada titik yang gelap karena belum ada PJU,” kata Iswanta, Kamis (13/4/2023).

Selain itu, kata Iswanta daerah Panjatan sampai Cangakan dan Bugel sampai Ngremang, Karangsewu juga masih kekurangan penerangan.

“Jalur Daendels juga masih banyak yang gelap. Terutama yang di tengah sawah atau bulak. Di situ kan tidak ada tegangan rendah untuk memasang PJU. Kalau pakai tenaga surya itu rawan pencurian,” katanya.

BACA JUGA: Tagihan LPJU Gunungkidul Nyaris Rp1 Miliar Per Bulan

Dia menjelaskan, jalan di bagian bawah di Sermo, Kokap juga masih kurang penerangan, kendati tahun lalu telah dipasang beberapa LPJU.

Pada 2023, Dishub akan memasang 60 unit LPJU yang tersebar di 12 kapanewon. Saat ini proses pengadaan LPJU telah sampai pada tahap tender melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP). Sedangkan proses pelaksanaan konstruksi akan dilakukan pada Juli-September 2023.

Lebih jauh, Iswanta mengatakan dishub sedang memasang miniature circuit creaker (MCB) dan magnetic contactor (MC) yang terpasang di boks lampu penerangan jalan umum (LPJU).

Pemasangan tersebut menindaklanjuti dugaan pencurian MCB dan MC beberapa waktu lalu. “Sekarang baru kami pasang. Kira-kira ada sepuluh titik boks kwh meter yang kami pasang MCB dan MC,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kulonprogo, Sukirno mengatakan terdapat empat jalur jalan yang perlu diwaspadai para pemudik karena rawan terjadi kecelakaan lalu lintas (lakalantas). “Jalannya itu ada di sekitar simpang tiga Glaheng, depan YIA, Dalangan, dan Sentolo,” kata Sukirno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement