Advertisement

Selama Libur Lebaran, Stok BBM di Gunungkidul Dipastikan Aman

David Kurniawan
Jum'at, 14 April 2023 - 17:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Selama Libur Lebaran, Stok BBM di Gunungkidul Dipastikan Aman Ilustrasi. - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul – Dinas Perdagangan Gunungkidul memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) selama perayaan Idulfitri dipastikan aman. Hal terlihat dari jumlah kuota yang disediakan oleh Pertamina.

Kepala Dinas Perdagangan Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan, tahun ini daerahnya mendapatkan jatah BBM jenis Pertalite sebanyak 68,44 juta liter. Adapun konsumsi hingga sekarang sudah mencapai 15,84 juta liter.

Advertisement

Untuk solar mendapatkan kuota sebanyak 21,75 juta liter dan sudah terpakai 4,96 juta liter. Menurutnya, jika diakumulasikan, ketersediaan BBM hingga akhir tahun, untuk pertalite masih sekitar 52,6 juta liter dan solar sebanyak 16,79 juta liter.

Kelik optimistis dengan stok ini masih sangat mencukupi. Dia meminta kepada masyarakat tidak khawatir berkaitan dengan kebutuhan BBM.

Menurutnya, pada saat Lebaran ada potensi kenaikan konsumsi BBM dikarenakan kendaraan yang masuk ke Gunungkidul bertambah banyak. Hal ini dikarenakan ada pemudik pulang ke kampung halaman dan juga pengunjung yang ingin berwisata selama liburan berlangsung.

“Masih aman dan untuk kebutuhan Lebaran tidak ada masalah karena stok banyak. Nanti kalau konsumsi bertambah, akan dikomunikasikan dengan Pertamina,” kata Kelik kepada wartawan, Jumat (14/4/2023).

Ditambahkan dia, kuota BBM yang diberikan hanya untuk jenis Pertalite dan Solar. Adapun jenis lain seperti Pertamax dan Dexlite juga ada kuota sendiri sehingga bisa menjadi alternatif kebutuhan BBM di masyarakat.

“Kalau kuotanya tidak tahu, tapi yang jelas di pasaran masih ada dan dipersiapkan untuk konsumen,” katanya.

Kelik mengungkapkan, pelayanan BBM bisa dilakukan di 17 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Adapun rinciannya, tujuh unit di jalur utama di Gunungkidul dan sepuluh lainnya tersebar di zona utara maupun selatan.

“Semua dipastikan buka. Nantinya juga ada dukungan dari Pertashop sehingga kebutuhan BBM masyarakat bisa lebih terjamin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Buka Opsi Penyidikan Dugaan TPPU Dana Hibah APBD Provinsi Jawa Timur

News
| Sabtu, 20 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement