Advertisement

Ada 493 Masjid dan 218 Lapangan untuk Salat Id di Jogja, Pemkot Minta Antisipasi Sampah

Triyo Handoko
Minggu, 16 April 2023 - 19:12 WIB
Budi Cahyana
Ada 493 Masjid dan 218 Lapangan untuk Salat Id di Jogja, Pemkot Minta Antisipasi Sampah Ilustrasi Salat Id di lapangan. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPemkot Jogja mendata masjid dan lapangan yang digunakan untuk Salat Id pada Idulfitri 2023. Total ada 493 masjid dan 218 lapangan yang didata hingga Minggu (16/4/2023).

Banyaknya masjid dan lapangan untuk Salat Id memunculkan kekhawatiran ihwal sampah. Pemkot Jogja sudah mengantisipasinya dengan mengeluarkan imbauan. 

Advertisement

Penjabat Wali Kota Jogja Sumadi menjelaskan pemerintah sudah mendata dan berkoordinasi dengan takmir atau pengurus masjid yang menyelenggarakan Salat Id agar mengantisipasi timbunan sampahnya. “Sudah kami data dan koordinasikan, apa yang mereka butuhkan untuk mengolah sampah dari Salat Idulfitri juga akan kami penuhi,” katanya, Minggu siang.

Sumadi menjelaskan petugas kebersihan saat Salat Id jumlahnya terbatas sehingga masyarakat diharapkan menjaga dan mengelola sampah sendiri. “Jangan sampai di momen suci tersebut menimbulkan sampah yang tidak terkendali, kami imbau masyarakat untuk menjaga dan mengelola sampah sendiri-sendiri,” tegasnya.

BACA JUGA: Libur Lebaran, Pemkot Izinkan Pengelola Parkir Swasta Naikkan Tarif 5 Kali Lipat

Komitmen Gerakan Zero Sampah Anorganik, jelas Sumadi, sudah terlihat di masyarakat dengan turunnya berat produksi sampah. “Komitemen ini harus selalu dijaga, kami akan fasilitasi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dalam pengolahan sampah,” jelasnya.

Selain masalah sampah, Sumadi juga meminta masyarakat untuk menjaga keamanan selama Lebaran 2023.

“Silakan yang mudik untuk mengomunikasikan ke pengelola lingkungan setempat, apakah RT atau dasawisma, agar menjaga keamanan bersama-sama. Pastikan mengunci setiap pintu rumah dan mematikan aliran listrik dan kompor gas selama mudik,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement