Advertisement

Pameran Tunggal Lukisan Whani Darmawan Tampilkan 60 Rekam Jejak Kreativitas

Yosef Leon
Senin, 17 April 2023 - 21:27 WIB
Sunartono
Pameran Tunggal Lukisan Whani Darmawan Tampilkan 60 Rekam Jejak Kreativitas Sejumlah koleksi lukisan Whani Darmawan yang dipamerkan di Jiwa Gallery yang akan berlangsung pada 17 April sampai 7 Mei mendatang. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Whani Darmawan yang selama ini dikenal sebagai aktor teater dan film menggelar pameran lukis tunggal di Jiwa Gallery Dusun Banyutemumpang, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Pemeran bertajuk Anuning Ning itu berlangsung sejak 14 April hingga 7 Mei 2023 dengan menampilkan 60 rekam jejak kreativitasnya.

Whani Darmawan mengatakan, selama puluhan tahun ia nyaris tidak pernah melukis. Sejak September 2021 ia mengeksplorasi diri dengan mengekspresikan perasaan dan pemikirannya melalui lukisan. Ternyata kegiatan itu memberinya banyak kejutan. Kemudian muncul ide mengenai pameran tunggal. 

Advertisement

BACA JUGA : Ingin Lebaran Estetik di Jogja? Kunjungi 4 Pameran Seni Ini!

Pelaksanaan pameran ini didukung oleh banyak kreator. Kuratornya Heri Kris, perupa dan kurator yang pernah belajar di Munchen, Jerman. Pada acara pembukaan, Abdi Karya mempersembahkan performance art berjudul Wali Sumange (Calling Back the Spirits), sebuah pertunjukan yang berbasis pada mantra spiritual kaum Bissu. 

Dalam pameran Whani, Jiwa Gallery mengundang Sondang P. Rumapea sebagai pengulas lukisan Whani dari perspektif psikologi Jungian (CarlGustav Jung). Sondang adalah seorang freelance trainer yang sejak 2 tahun terakhir mendalami coaching dan counselling dengan basis photo/picture-theraphy.

Keunikan lain, pameran ini juga bekerja sama dengan Asta Dewanti, seorang mental healt counselor, founder pelatihan SDM AdaDiKamu. AdaDiKamu sendiri adalah ruang tumbuh bertema psikologi, kesehatan mental, dan kegiatan berkesadaran, berdasarkan nilai mindfulness, self-awareness, dan compassionate communication.

BACA JUGA : Perjalanan: Hom Pim Pah, Pameran Seni Lukis di Greenhost

Dalam pelaksanannya Asta akan berduet dengan Sondang, membuat spesial event mengiringi keberlangsungan pameran Whani tersebut, yakni Terapi Seni dan Refleksi Diri, semacam konsultasi psikologi yang menggunakan lukisan-lukisan Whani. Kegiatan itu akan berlangsung pada 16, 25 April 2023 dan saat penutupan pameran, 7 Mei 2023.

"Saya berharap seni bisa tumbuh sehat dan rendah hati dengan melibatkan masyarakat. Dengan begitu seni tidak terkucil dan sebaliknya terus mengalami perluasan apresiasi dalam konteks kreativitas, sosial, ekonomi, maupun hal-hal kolaboratif lain," katanya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hizbullah Lebanon Serang Fasilitas Militer Israel Utara

News
| Kamis, 20 Juni 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement