Advertisement

Cegah Macet Area Jogja Akibat Operasi Tol Fungsional Jogja Solo, Ini Strategi Kapolda DIY

Lugas Subarkah & Sunartono
Selasa, 18 April 2023 - 09:27 WIB
Sunartono
Cegah Macet Area Jogja Akibat Operasi Tol Fungsional Jogja Solo, Ini Strategi Kapolda DIY Kendaraan melintas di jalan tol fungsional Jogja Solo. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Polda DIY sudah menyiapkan sejumlah strategi rekayasa arus lalu lintas untuk meminimalisasi terjadinya kemacetan di wilayah DIY terutama Prambanan akibat beroperasinya tol fungsional Jogja Solo. Mengingat jalur tol ini memungkinkan arus akan lebih cepat sampai ke Jogja sehingga memungkinkan terjadi penumpukan di sepanjang Jalan Jogja Solo.

Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, mengatakan terkait pembukaan tol Jogja-Solo sepanjang 6 km, dua sistem, akan diterapkan sistem contraflow dan oneway sistem dengan tetap melihat perkembangan arus lalu lintas.

Advertisement

BACA JUGA : 3.000 Kendaraan Bakal Gunakan Tol Jogja-Solo dalam 3 Hari

“Itu sangat berdasarkan perkembangan situasi dan komunikasi dengan pergerakan secara umum yang terpusat dari Korlantas. Jadi kita melihat situasinya. Apabila perlu dilakukan contraflow kita lakukan contraflow, apabila kita melakukan one sistem maka kita one sistem,” katanya Senin (17/4/2023).

Ia juga mengimbau masyarakat yang hanya melintas di Jogja diharapkan tidak masuk ke dalam kota. “Jadi melintas silakan menuju, misal langsung ke Magelang. Silakan ambil jalur keluar di Ringroad untuk masuk ke jalur Magelang, tidak masuk ke dalam kota,” ungkapnya.

Tol Jogja Solo Fungsional secara resmi mulai dioperasikan secara terbatas sejak Sabtu (15/4/2023). Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi bagi siapa saja yang ingin lewat jalan tol ini.

Masyarakat yang ingin melewati harus mengetahui jadwal beroperasinya. Tol ini dibuka dari 14 April 2023 hingga 24 April 2023 untuk arus mudik dari Solo menuju Jogja (Segmen Kartasura-Jl. Sawit, Boyolali) sepanjang 6 kilometer. Kemudian tanggal 24 April 2023 hingga 1 Mei 2023 dari arah Jogja menuju Solo atau segmen Jl. Sawit Boyolalu-Kartasura (kebalikan dari arus mudik).  Adapun jam operasional dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

BACA JUGA : Tol Fungsional Solo-Jogja Mulai Digunakan, Begini Penampakannya

“Akses masuk jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo berjarak sekitar 700 meter dari Gerbang Tol Colomadu Jalan Tol Solo-Ngawi. Pada periode arus mudik, jika sebelumnya pengguna jalan yang menuju arah Yogyakarta harus belok kiri menuju Jalan Nasional Solo-Semarang ke arah Tugu Kartasura, kali ini pengguna jalan bisa lurus untuk masuk ke jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo melalui Flyover Ngasem di STA 0+600,” kata Direktur Utama PT JMM Suchandra P. Hutabarat dalam keterangan tertulisnya.

Selanjutnya jalan tol fungsional ini hanya boleh dilewati kendaraan berukuran kecil. Sehingga kendaraan berat seperti truk dan bus dilarang masuk melewati jalan tol ini. Tak hanya itu kendaraan kecil yang lewat pun harus mematuhi aturan penting yaitu tidak boleh memacu kecepatan di atas 40 kilometer per jam. Mengingat jalan tol fungsional ini masih minim standar pengamanan sehingga dengan rambu-rambu tersebut mencegah terjadinya kecelakaan.

“Kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda 4 golongan 1 non bus dan non truk, tidak diperuntukan untuk kendaraan-kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah sebesar 40 Km/Jam,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement