Advertisement

Jelang Lebaran, Harga Ikan Laut di Pantai Depok Melonjak

Yosef Leon
Rabu, 19 April 2023 - 17:27 WIB
Arief Junianto
Jelang Lebaran, Harga Ikan Laut di Pantai Depok Melonjak Suasana Pasar Ikan Segar di Pantai Depok Rabu (19/4/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL – Harga ikan laut di Pantai Depok Bantul melonjak menjelang perayaan Lebaran.

Kenaikan harga cukup beragam mulai dari rentang Rp5.000-Rp10.000 per kilogram lantaran pasokan dari nelayan yang berkurang.

Advertisement

Salah satu penjual ikan laut di Pasar Ikan Segar Pantai Depok Sri Maryati mengatakan, kenaikan harga itu dinilainya masih cukup terjangkau dan tidak terlalu signifikan. Fenomen itu biasa menjelamng lebaran lantaran pasokan ikan yang berkurang dari nelayan.

“Harga ikan naik sedikit, mulai hari ini tapi enggak terlalu signifikan, tetap standar. Itu kan tergantung pasokan juga dan memang sudah naik. Pas lebaran nelayan kan cari ikan agak lebih sulit makanya dinaikkan tapi ga banyak,” katanya Rabu (19/4/2023).

Sri menyebut untuk ikan Cakalang sekarang dijual Rp30.000 per kilogram yang di hari biasa berada di angka Rp25.000 per kilogram.

Sementara udang laut dijual Rp70.000-Rp80.000 per kilogram yang pada hari biasa dijual di angka Rp65.000-Rp70.000 per kilogram.

“Semua jenis ikan naik, tapi ga terlalu tinggi cumin Rp5.000-Rp10.000 per kilogram dibandingkan harga biasa,” ungkapnya.

Sumiyati salah seorang pedagang lainnya menyebut permintaan ikan laut menjelang Lebaran belum menunjukkan kenaikan. Pihaknya berharap pada H-1 Lebaran mendatang permintaan naik lantaran kunjungan wisatawan yang berlibur ke pantai itu.

“Permintaan ikan ya semoga pas lebaran arus mudik yang wisata dan belanja disini perminyaan jadi banyak. Sekarang trennya belum terlalu,” katanya,

Pada tahun lalu pedagang ikan dan warung kuliner di sepanjang Pantai Depok disebutnya juga kecipratan berkah libur Lebaran. Apalagi dengan kondisi Covid-19 yang sudah melandai diharapkan membuat kunjungan wisatawan ke pantai itu semakin banyak.

“Sekarang Covid-19 kan sudah hilang dan harapannya pengunjung semakin ramai. Tahun lalu lumayan ramai, kita tetap buka Lebaran pertama bahkan sampai malam jam 10. Kami siap dikunjungi wisatawan,” ucapnya.

DI sisi lain pedagang juga menambah stok ikan menghadapi libur Lebaran nanti. Di hari biasa mereka rata-rata membawa stok ikan sebanyak 50 kilogram. Sementara di hari besar sepeerti Lebaran bisa membawa stok ikan sebanyak lima kuintal.

“Semua pasti menambah stok, ya rata-rata nambah 70 persen dibandingkan hari biasa,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement