Advertisement

Ratusan Warga Blawong Ikuti Takbir Keliling Sambut Lebaran

Yosef Leon
Kamis, 20 April 2023 - 23:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Ratusan Warga Blawong Ikuti Takbir Keliling Sambut Lebaran Suasana lomba takbir keliling menyambut Idulfitri 1444 Hijriah pada Kamis (20/4/2023) malam di Desa Blawong, Trimulyo, Jetis, Bantul. - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ratusan warga Desa Blawong, Trimulyo, Jetis, Bantul melaksanakan takbir keliling menyambut Idulfitri 1444 Hijriah pada Kamis (20/4/2023) malam. Lomba takbir keliling ini sekaligus jadi tontonan warga dan adu kreativitas antar dusun.

Pantauan di lapangan, takbir keliling sudah dimulai sejak pukul 19.30 WWIB. Para peserta mulai dari kawasan Blawong I kemudian bergeser ke Jalan Imogiri Timur dan kembali ke lokasi semula. Arak-arakan berlangsung sekira setengah jam.

Advertisement

Para peserta menggunakan berbagai macam kostum dan pernak-pernik lampion sambil mengarak berbagai jenis maskot. Ada yang berupa Ka'bah, masjid, kereta api dan lain sebagainya. Iring-iringan musik perkusi juga menyemarakkan takbir keliling itu.

“Ada empat dusun dan tujuh kelompok pengajian yang ikut serta dalam takbir keliling ini," kata coordinator kegiatan, Ahmad Amin Abdullah, Kamis.

Acara yang diinisiasi oleh Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah (PRPM) dan Pimpinan Ranting Nasyiatul Aisyiyah (PRNA) Blawong itu merupakan acara rutin tahunan yang kembali diselenggarakan setelah pandemi Covid-19 melandai.

Panitia membebaskan warga untuk mengenakan kostum dan membuat maskot sesuai kreativitas masing-masing. Persiapan yang dilakukan kurang lebih satu sampai dua minggu sebelum acara berlangsung.

Riyanti, salah seorang warga, mengaku antusias menyaksikan acara itu. Ia mengajak serta anaknya untuk melihat takbir keliling menyambut Idulfitri 1444 Hijriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Jepang Gugat Pemerintah Soal Evek Samping Vaksin Covid-19

News
| Kamis, 18 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement