Advertisement

Di PSG Ada Festival Klangenan, Sajikan Jajanan Tempo Dulu, Ramaikan Yuk

Yosef Leon
Rabu, 26 April 2023 - 21:07 WIB
Maya Herawati
Di PSG Ada Festival Klangenan, Sajikan Jajanan Tempo Dulu, Ramaikan Yuk Pembukaan Festival Klangenan yang diselenggarakan oleh Pemkab Bantul pada Rabu (26/4/2023) di Pasar Seni Gabusan. Festival yang menampilkan beragam barang dan jajaran tempo dulu itu digelar sampai 30 April. - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul kembali menyelenggarakan Festival Klangenan sebagai pengingat kepada masyarakat luas terhadap barang-barang dan jajanan tempo dulu. Festival itu akan dilaksanakan sampai 30 April mendatang di Pasar Seni Gabusan (PSG), Kabupaten Bantul. 

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Bantul Agus Sulistyana mengatakan, Festival Klangenan dibiayai dengan Dana Keistimewaan dengan anggaran senilai Rp447 juta. Acara ini juga jadi ajang pameran sekaligus promosi bagi UMK. 

Advertisement

"Total ada 50 tenant yang bergabung dengan 30 kuliner dan 20 non kuliner. Di dalamnya ada aneka barang bernuansa kuno, hasil kerajinan tangan, antik, sarana permainan anak, dan jajanan tempo dulu," katanya, Rabu (26/4/2023). 

BACA JUGA: Balik Lebaran 2023 dengan Kereta Api, Perhatikan Imbauan dari KAI Ini

Agus menjelaskan, Festival Klangenan sengaja diselenggarakan bertepatan dengan masa libur Lebaran dengan harapan masyarakat yang tengah mudik dan berlibur ke Bantul bisa bernostalgia dengan masa lalu.  "Kami ingin mengoptimalkan peran PSG sebagai pusat kuliner [jajanan tempo dulu] dan cinderamata lewat kegiatan ini. Juga memfasilitasi UKM untuk bangkit dan berkembang," ucapnya. 

Salah satu tenant di Festival Klangenan Choirul Anam yang menjual aneka mainan tradisional mengaku memproduksi sendiri hasil kerajinan buatannya. Sebagian besar mainan itu terbuat dari bambu dan kayu seperti otok-otok, miniatur karakter kartoon, topeng kayu, miniatur becak, angklung dan kaligrafi. Harga mainan tradisional dijual Rp10.000 sampai Rp25.000. 

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyebut, penyelenggaraan Festival Klangenan juga sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan Bantul menjadi anggota jejaring kota kreatif dunia Unesco. Dengan begitu produk ekonomi kreatif yang dihasilkan wilayah setempat kian dikenal luas.  "Kegiatan ini semacam pemantik ekonomi masyarakat khususnya sektor UMKM dan ekonomi kreatif dan sebagai ajang promosi sekaligus pengenalan produk mereka," katanya. Ayo Anda yang suka jajanan tempo dulu, jangan lewatkan acara ini.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement