Advertisement

Kembangkan Potensi Ekonomi Kreatif, Dispar Gelar Pameran Ekraf

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 27 April 2023 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Kembangkan Potensi Ekonomi Kreatif, Dispar Gelar Pameran Ekraf Pameran ekonomi kreatif atau ekraf di Pantai Congot Rabu sampai Kamis, (26-27/4/2023). - Harian Jogja - Andreas Yuda

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kulonprogo menggelar pameran ekonomi kreatif atau ekraf di Pantai Congot sejak Rabu sampai Kamis, (26-27/4/2023). Pameran tersebut diikuti oleh seluruh Desa Wisata yang ada di Kulonprogo.

Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Pariwisata Kulonprogo, Sari Wulandari mengatakan bahwa dengan adanya pameran ekonomi kreatif tersebut, maka masyarakat akan lebih tahu mengenai potensi yang dimiliki Desa Wisata di Kulonprogo.

Advertisement

“Apabila masyarakat sudah mengenal potensi yang dimiliki Desa Wisata, maka harapannya akan akan kunjungan ke Desa Wisata baik belanja maupun bermain,” kata Sari ditemui di Pantai Congot pada Kamis (27/4/2023).

BACA JUGA: Minibus Terguling di Tanjakan Clongop Gedangsari, Penumpang Terluka

Sari mengaku bahwa para penjaga stan Desa Wisata banyak didatangi pengunjung dan barang yang dijual pun laris. Dia mengatakan bahwa angka transaksi yang terjadi tergolong banyak, kendati jawatannya belum melakukan rekapitulasi.

“Beberapa batik dari Gulurejo tadi keluar [dibeli], Hargotirto juga mengeluarkan batik. Kain perca di Desa Wisata Sukoreno juga terjual karena kualitasnya bagus,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Joko Mursito mengatakan bahwa pameran ekonomi kreatif tersebut didukung oleh Dana Keistimewaan tahun 2023.

“Pameran ekraf tahun ini memang melibatkan seluruh Desa Wisata yang ada di Kulonprogo sebagai upaya agar terjadi pertumbuhan dan perkembangan identitas-identitas lokal. Identitas tersebut digali dari kearifan lokal yang ada di masyarakat,” kata Joko dalam rilis video.

Dengan adanya pembiasaan pameran, Joko berharapa para pelaku Desa Wisata lebih siap apabila ikut pameran serupa dengan skala yang lebih besar. Dispar akan mengambil enam Desa Wisata terbaik dengan kriteria penilaian yang mengacu pada upaya Desa Wisata dalam menumbuhkan identitas lokal dalam bentuk ekonomi kreatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Letusan Gunung Ruang Berisiko Tsunami, Begini Kronologi Erupsinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement