Advertisement

Minibus Terguling di Tanjakan Clongop Gedangsari, Penumpang Terluka

David Kurniawan
Kamis, 27 April 2023 - 20:07 WIB
Maya Herawati
Minibus Terguling di Tanjakan Clongop Gedangsari, Penumpang Terluka Kondisi minibus terguling di Tanjakan Clongop, Gedangsari, Kamis (27/4 - 2023). / Harian Jogja/ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebuah minibus terguling di Tanjakan Clongop di Kalurahan Hargomulyo, Gedangsari, Kamis (27/4/2023) sekitar pukul 17.00 WIB. Hingga berita ini ditulis belum ada laporan korban jiwa, namun sejumlah penumpang dilaporkan terluka.

Kapolsek Gedangsari, AKP Suryanto saat dihubungi membenarkan adanya peristiwa minibus terguling dengan pelat nomor AA 1324 CA di Tanjakan Clongop. Peristiwa bermula saat minibus yang membawa wisatawan akan pulang dengan melalui jalur ekstrem ini.

Advertisement

“Rombongan merupakan wisatawa yang pulang dari bermain ke pantai. Total ada 16 penumpang dalam minibus yang terbalik,” kata Suryanto kepada wartawan, Kamis petang.

BACA JUGA: Sultan Ingin Pelaku Penyalahgunaan Tanah Kas Desa Ditindak Tegas

Dugaan awal, kecelakaan terjadi karena mobil Izuzu Elf mengalami rem blong pada saat menuruni Tanjakan Clongop dari arah Gedangsari menuju Klaten. Minibus tidak bisa dikendalikan hingga akhirnya terbalik di perkarangan warga yang ada di lokasi tersebut.

“Kami masih mencari keberadaan sopir untuk dimintai keterangan,” katanya.

Meski demikian, Suryanto memastikan belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun demikian, dari informasi yang diterima ada sejumlah penumpang yang terluka dan sekarang masih dalam proses menghimpun data dengan mendatangi beberapa rumah sakit di Kabupaten Klaten.

“Kami masih melakukan pengecekan. Yang jelas, tidak ada laporan korban meninggal dunia,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Lurah Hargomulyo, Sumaryanta. Menurut dia, kasus minibus terguling sudah ditangani oleh pihak kepolisian dari Polres Gunungkidul.

“Kejadiannya sekitar pukul 17.00 WIB. Informasinya merupakan warga asal Boyolali yang habis bermain ke pantai. Mungkin biar cepat lewat jalur Clongop bisa cepat sampai di rumah,” katanya.

Menurutnya total ada 16 penumpang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. “Untuk yang meninggal tidak ada, tetapi ada beberapa korban luka berat. Bahkan salah satunya dilaporkan tangannya putus. Adapun kepastiannya bisa dicek ke polisi,” katanya.

Dia mengakui Tanjakan Clongop merupakan jalur yang rawan kecelakaan karena kondisinya yang ekstrem. Oleh karenanya, kendaraan yang melintas harus berhati-hati baik saat menanjak maupun turun di jalur ini. “Sudah sering terjadi kecelakaan [seperti minibus terguling yang terjadi hari ini] karena jalurnya berupa tanjakan yang ekstrem,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement